Penerapan Metode Task-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Bisnis Bahasa Inggris
(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis surat bisnis berbahasa Inggris pada siswa kelas XII AP1 SMK Pembangunan Jakarta melalui metode Task-Based Learning. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua siklus. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kegiatan guru pada siklus I mendapat skor 24 dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II dengan skor 31 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas Siswa pada siklus I dengan presentase 52% meningkat pada siklus II menjadi 83 %. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 60% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Task-Based Learning dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis surat bisnis berbahasa Inggris yang ditandai dengan meningkatnya kegiatan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Task-Based Learning, Menulis Surat Bisnis, Bahasa Inggris
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ali, Muhammad, Emzir, Zainal Rafli. The Effect Of Learning Problem Based Learning (PBL) and Task Based Learning (TBL) Learning Model And Learning Style to Skill Writing. Internasional Journal of Languange Education Culture Review, Vol.3 No.2 Desember 2017. E-ISSN: 2461-131x https://doi.org/10.21009/IJLECR.032.010, akses 1November 2018
Amrullah.2015 Belajar Berbicara Bahasa Inggris Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Tugas.Unuversitas Mataram. Jurnal BAHTERA: Pendidikan Bahasa danSastra, Vol.14 No.2 https://doi.org/10.21009/BAHTERA.142.03, akses 1 November 2018
Anitah, Sri W, dkk. 2014. Strategi Pembelajaran di SD, Tanggerang Selatan : Universitas Terbuka.
Fitri, Rahayu, 2016. PenerapanTeknik Pemodelan untuk meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Resmi Siswa Kelas VIII SMP.Jurnal PenelitianBahasa dan Sastra Indonesia, Vol 2.i2 (118-132) http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/jurnal-gramatika/article/view/1200, akses 24 Oktober 2018
Istiara, Febriyantina dan Ninuk Lustyantie.TheInfluence of Cooperatif Learning Model and Critical Thinking on Essay Writung Skills (Experiment Study). Word Journal of English Language Vol. 7 No. 2. 2017. ISSN 1925-0703 E-ISSN 1925-0711 https://doi.org/10.5430/wjel.v7n2p22, akses 2 November 2018
Ni Luh Putu Sri Artamiati, Efendi & Yusdin Gagaramusu. Meningkatkan Keterampilan Siswa Menulis Surat Dinas Melalui Metode Pemberian Tugas di Kelas V SD Impres 12 Bajawali. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol.5 No.6,2017 ISSN 2354-614X http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3882, akses 25 Oktober 2018
Nurjanna, Penggunaan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Siswa Kelas IV SDN Lais, Jurnal Kreatif Tandulako Online Vol. 4 No. 8. ISSN 2354-614X https://media.neliti.com/media/publications/117862-ID-penggunaan-metode-pemberian-tugas-untuk.pdf, akses 25 Oktober 2018
Pujiastuti, Rahayu Retno, 2016. Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Presentasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Menulis Surat Kelas XI PM di SMK Negeri 48. Jurnal Ilmiah Econosains Vol. 14 No. 2 Agustus 2016, E-ISSN 2252-8490 http://doi.org/10.21009/econosains.014.2.6, akses 27 Oktober 2018
Rianasari,Ni Putu. Task-Based Language Teaching (TBLT) dalam Pembelajaran Menulis Surat Niaga Berbahasa Inggris. Jurnal Edukasi Vol.14 No.1 Juni 2016 https://ojs.unud.ac.id/index.php/linguistika/article/view/9707, akses 27 Oktober 2018
Sri, Shinta Dian, Hamid Asman, Rodhi. 2018. Peningkatan Menulis Karya Ilmiah Berbahasa Inggris Dengan Metode Task Based Language Teaching Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Vol.16 No.1 http://www.journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/841/740, akses 27 Oktober 2018
Tarigan, Henry Guntur, Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa, 2008.
Ulfa, Rima Novia, 2018. Pelatihan Guru SMK Muhammadiyah 4 Slipi Jakarta Mengenai Bisness Letter Berbahasa Inggris. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, Vol 2 Nomor 1; ISSN 2581-2718; E-ISSN 2620-3480 https://journal.ubm.ac.id/index.php/pengabdian-dan-kewirausahaan/article/view/1134/995, akses 26 Oktober 2018
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v12i02.5026
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Rr. Conny Riana Dewi Murtiningrum, Zainal Rafli, Asti Purbaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |