Penerapan Metode Task-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Bisnis Bahasa Inggris

Rr. Conny Riana Dewi Murtiningrum
Zainal Rafli
Asti Purbaini

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis surat bisnis berbahasa Inggris pada siswa kelas XII AP1 SMK Pembangunan Jakarta melalui metode Task-Based Learning. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua siklus. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kegiatan guru pada siklus I mendapat skor 24 dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II dengan skor 31 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas Siswa pada siklus I dengan presentase 52% meningkat pada siklus II  menjadi 83 %. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 60% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Task-Based Learning dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis surat bisnis berbahasa Inggris yang ditandai dengan meningkatnya kegiatan  guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci : Task-Based Learning, Menulis Surat Bisnis, Bahasa Inggris

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ali, Muhammad, Emzir, Zainal Rafli. The Effect Of Learning Problem Based Learning (PBL) and Task Based Learning (TBL) Learning Model And Learning Style to Skill Writing. Internasional Journal of Languange Education Culture Review, Vol.3 No.2 Desember 2017. E-ISSN: 2461-131x https://doi.org/10.21009/IJLECR.032.010, akses 1November 2018

Amrullah.2015 Belajar Berbicara Bahasa Inggris Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Tugas.Unuversitas Mataram. Jurnal BAHTERA: Pendidikan Bahasa danSastra, Vol.14 No.2 https://doi.org/10.21009/BAHTERA.142.03, akses 1 November 2018

Anitah, Sri W, dkk. 2014. Strategi Pembelajaran di SD, Tanggerang Selatan : Universitas Terbuka.

Fitri, Rahayu, 2016. PenerapanTeknik Pemodelan untuk meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Resmi Siswa Kelas VIII SMP.Jurnal PenelitianBahasa dan Sastra Indonesia, Vol 2.i2 (118-132) http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/jurnal-gramatika/article/view/1200, akses 24 Oktober 2018

Istiara, Febriyantina dan Ninuk Lustyantie.TheInfluence of Cooperatif Learning Model and Critical Thinking on Essay Writung Skills (Experiment Study). Word Journal of English Language Vol. 7 No. 2. 2017. ISSN 1925-0703 E-ISSN 1925-0711 https://doi.org/10.5430/wjel.v7n2p22, akses 2 November 2018

Ni Luh Putu Sri Artamiati, Efendi & Yusdin Gagaramusu. Meningkatkan Keterampilan Siswa Menulis Surat Dinas Melalui Metode Pemberian Tugas di Kelas V SD Impres 12 Bajawali. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol.5 No.6,2017 ISSN 2354-614X http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3882, akses 25 Oktober 2018

Nurjanna, Penggunaan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Siswa Kelas IV SDN Lais, Jurnal Kreatif Tandulako Online Vol. 4 No. 8. ISSN 2354-614X https://media.neliti.com/media/publications/117862-ID-penggunaan-metode-pemberian-tugas-untuk.pdf, akses 25 Oktober 2018

Pujiastuti, Rahayu Retno, 2016. Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Presentasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Menulis Surat Kelas XI PM di SMK Negeri 48. Jurnal Ilmiah Econosains Vol. 14 No. 2 Agustus 2016, E-ISSN 2252-8490 http://doi.org/10.21009/econosains.014.2.6, akses 27 Oktober 2018

Rianasari,Ni Putu. Task-Based Language Teaching (TBLT) dalam Pembelajaran Menulis Surat Niaga Berbahasa Inggris. Jurnal Edukasi Vol.14 No.1 Juni 2016 https://ojs.unud.ac.id/index.php/linguistika/article/view/9707, akses 27 Oktober 2018

Sri, Shinta Dian, Hamid Asman, Rodhi. 2018. Peningkatan Menulis Karya Ilmiah Berbahasa Inggris Dengan Metode Task Based Language Teaching Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Vol.16 No.1 http://www.journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/841/740, akses 27 Oktober 2018

Tarigan, Henry Guntur, Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa, 2008.

Ulfa, Rima Novia, 2018. Pelatihan Guru SMK Muhammadiyah 4 Slipi Jakarta Mengenai Bisness Letter Berbahasa Inggris. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, Vol 2 Nomor 1; ISSN 2581-2718; E-ISSN 2620-3480 https://journal.ubm.ac.id/index.php/pengabdian-dan-kewirausahaan/article/view/1134/995, akses 26 Oktober 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v12i02.5026

Article metrics

Abstract views : 14 | Full Text views : 12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracting and Indexed by:

Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN ____________________________________________________

Editorial Office:
Research and Community Service
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
Statistik Deiksis

Flag Counter

Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.