Pengaruh Fonem terhadap Morfem pada Ujaran Anak Balita: Suatu Kajian Neuro-Morphology

Mhd. Johan(1*), Ika Wijayanti(2)

(1) Universitas Putera Batam
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan gangguan morfem yang dialami oleh responden dalam memproduksi morfem. Serta menjelaskan pada lingkungan apa terjadi produksi morfem itu secara fonologi dan neurolinguistik. Untuk mendapatkan data, penulis menggunakan metode simak dengan menggunakan teknik simak libat cakap. Untuk menganalisis data ini penulis menggunakan metode kontribusi dengan teknik bagi unsur langsung dan teknik itu didukung oleh teknik a.  Delesi, teknik substitusi, teknik tambah. Hasil yang didapatkan adalah terjadinya gangguan dalam  melafalkan fonem,  gangguan yang paling dominan terdapat pada saat melafalkan fonem /s/ yang  berubah menjadi /c/ pergantian itu terjadi hanya pada lingkungan antepenultima dan penultima gangguan pelafalan fonem /s/ itu tidak terjadi pada akhir morfem.peristiwa ini adalah pergantian pada area yang sama atau satu lingkungan yang sama yaitu pada posisi alveolar voiceless. Kemudian pada saat melafalkan fonem /r/ juga terjadi pergantian dan pelesapan, kalau dia berganti posisi, pergantian itu tetap berada pada satu lingkungan atau area yang sama yaitu  liquid plain dan tidak pernah terjadi pada posisi lain. Pelesapan fonem juga terjadi pada saat melafalkan morfem /murni/ menjadi /muni/ sedangkan pada saat menuturkan morfem /magrib/ menjadi /magib/ hal ini juga terjadi pelesapan fonem /r/.

 

Kata Kunci: Neurolinguistik, Morfologi, Morfem

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahlsen, E. (2006). Introduction to neurolinguistics. Amsterdam: John Benjamins Publishing Company.

Aichert, I., Späth, M., & Ziegler, W. (2016). The role of metrical information in apraxia of speech. Perceptual and acoustic analyses of word stress. Neuropsychologia, 82, 171–178. https://doi.org/10.1016/j.neuropsychologia.2016.01.009

Arifudin. (2010). Neuro psikolinguistik. Jakarta: Rajawali Pers.

Bonvillian, N. (1977). Language, culture and communication: The meaning of messages. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Byrd, C. T., Mcgill, M., & Usler, E. (2015). Nonword repetition and phoneme elision in adults who do and do not stutter: Vocal versus nonvocal performance differences. Journal of Fluency Disorders, 44, 1–15. https://doi.org/10.1016/j.jfludis.2015.01. 004

Carstairs Andrew –McCarthy. (2002). An introduction to English morphology: words and their structure. EdinburghUniversity Press.

Dewi, Y. K. (2013). Disfungsi bahasa anak retardasi mental ringan: Studi kasus pada tuturan Yogi. Universitas Andalas.

Hartanto, F., Selina, H., H, Z., & Fitra, S. (2011). Pengaruh perkembangan bahasa terhadap perkembangan kognitif anak usia 1-3 Tahun. Sari Pediatri, 12(6), 388–389.

Johan, Mhd., & Suri, S. R. (2019). Spesch disorder for the children under three years old: The study of neurolinguistics. Gramatika, 5(1).

Johan, M. (2016). Gangguan pelafalan fonem terhadap anak-anak (balita) suatu kajian: Neurolinguistik. BASIS, 4(1).

Kerbeshian, J. (1988). A role for biogenic amines in developmental language disorders, 12, 289–293.

Kridalaksana, H. (1993). Kamus linguistik. Jakarta: PT Gramedia.

Leung, J. H., Purdy, S. C., Tippett, L. J., & Leão, S. H. S. (2017). Affective speech prosody perception and production in stroke patients with left-hemispheric damage and healthy controls. Brain and Language, 166, 19–28. https://doi.org/ 10.1016/j.bandl.2016.12.001

Nida, E. A. (1963). Morphology: The descriptive analysis of words (second edi). Michigan: The University of Michigan Press.

Pike, K. L. (1975). Phonemics: A technical for reducing languages to writing. Michigan: The University of Michigan Press.

Sastra, G. (2010). Neurolinguistik: Suatu pengantar. Bandung: Alfabeta Bandung.

Sudaryanto. (2015). Metode dan aneka teknik analisis bahasa: Pengantar penelitian wahana kebudayaan secara linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Winarsih, S. (2012). Ekspresi tutur anak tuna rungu dalam interaksi di kelas. Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v12i02.4622

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mhd. Johan, Ika Wijayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.