KEDUDUKAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA PENGANTAR DALAM DUNIA PENDIDIKAN
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Makalah ini bertujuan menyajikan suatu pendapat mengenai ancaman bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pendidikan bagi kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia. Masalah utama yang dibicarakan dalam makalah ini adalah pemahaman mengenai bahasa Inggris berdasarkan kedudukan dan fungsinya sebagai bahasa asing di Indonesia, bahasa pengantar pendidikan, bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pendidikan, serta ancaman bagi kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia. Penulis tertarik menulis topik ini karena bahasa Inggris menjadi bahasa yang sangat diminati oleh bangsa Indonesia akan menjadi ancaman yang serius bagi bahasa Indonesia bila tidak adanya pemahaman yang baik terhadap kedudukandan fungsi kedua bahasa itu.
Kata kunci: ancaman, bahasa Inggris, bahasa pengantar pendidikan
Full Text:
PDFReferences
Buku:
Chaer, Abdul. 1993. Pembakuan Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta
Suhendar, dkk.. 1997-1998. Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Internet:
Haerudin, Dingding. 2010. Bahasa Pengantar Pendidikan. Diunduh dari http://dindinhaerudin.Staf.upi.edu/2010/12/12/bahasa-pengantar-pendidikan., 30 Januari 2011.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v3i04.440
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Yulia Agustin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |