BLOG SEBAGAI BAGIAN DARI MEDIA RELATIONS Peran Blog untuk Menjembatani Tujuan Organisasi

Nurhablisyah Nurhablisyah(1*)

(1) Pusat Penelitian Bidang Bahasa dan Seni Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Blog saat ini sudah menjadi bagian dalam organisasi untuk menjembati aspirasi publik terhadap organisasi dan sebaliknya. Blog juga menjadi cara yang digunakan oleh organisasi untuk berhubungan dengan media. Dengan mengakses blog, informasi yang tersedia dapat menjadi referensi media masa sebagai referensi tulisan atau berita. Namun pengelolaan blog organisasi membutuhkan perhatian lebih. Blog sebaiknya dikelola oleh orang yang memahami karakter dan tujuan organisasi. Ini penting mengingat di dalam blog, pengunjung dapat memberi komentar dan bertanya kepada pengelola. Jawaban atas pertanyaan itu merepresentasikan sikap, kebijakan dan respon dari organisasi yang bersangkutan. Blog juga memiliki sifat pembaruan informasi yang kontinyu, menghubungkan para pengunjung dan menjadi alat promosi yang cepat bagi perusahaan. Dengan pengelolaan blog yang serius, diharapkan tujuan organisasi akan terjcapai. Blog tidak hanya membantu komunikasi organisasi pada publik dan media, juga secara internal.


Key word: Blog, Media Relations, Organisasi


Full Text:

PDF

References


Buku

Dorothy I, Doty. 1990. Publicity and Public Relations. Ney York: Barron’s Educational Series

Iriantara, Yosal. 2008. Media Raltions Konsep, Pendekatan, dan Praktek. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Lattimore Dan, Otis Baskin, Suzette T. Heiman, Elizabeth L. Toth. 2010. “Public Relations, Profesi dan Praktek” Edisi 3, Jakarta: Salemba Humanika

Chaney, Paul. 2004. Digital Handshakehe Digital Handshake: Seven Proven Strategies to Grow Your Business Using Social Media. USA: John Wiley & Sons.

Sutrisna, Dewi. 2007. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Andi Publishing

Wardhani, Diah. 2008. Media Relations Sarana Membangun Reputasi Organisasi. Jakarta: Graha Imu

Majalah:

Martketeers, Edisi November 2010, “Indonesia’s Most Favorite Netizen Brand 2010”, Jakarta

Situs online:

Enda Nasution, 2010, “Apa itu Blog”, diunduh dari http://enda.goblogmedia.com/pages/apa-itu-blog.html

Latief Thoyibie, 2011, “Blog”, diunduh dari http://komunikasi-indonesia.org/page/2/




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v3i03.435

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurhablisyah Nurhablisyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.