ETIKA PERIKLANAN, ADA DAN TIADA: Studi Pustaka mengenai Etika Periklanan Indonesia dan Pelanggaran Periklanan Televisi di Indonesia pada tahun 2009-2010
(1) Pusat Penelitian Bidang Bahasa dan Seni Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Masyarakat seringkali mengeluhkan tayangan iklan televisi yang dianggap memberikan pengaruh buruk kepada anak-anak. Padahal Dewan Periklanan Indonesia melalui Etika Pariwara Indonesia (EPI) telah membuat petunjuk dalam membuat iklan yang ideal bagi pelaku periklanan. Melalui EPI dan bahan-bahan yang lain, masyarakat dapat mempelajari dunia periklanan dan ikut berpartisipasi dalam pengawasan tayangan iklan. Hal ini tidak hanya menyelamatkan generasi selanjutnya, namun juga meningkatkan kuliatas industri periklanan Indonesia.
Kata kunci: Etika Periklanan, Pelanggaran Etika Periklanan Televisi, Pengawasan masyarakat
Full Text:
PDFReferences
Badudu J.S., Sutan Mohammad Zain. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.
Dewan Periklanan Indonesia. 2007. Etika Pariwara Indonesia.
Handoyo FX, Ridwan. 2009. Bahan Ajar ”Etika Periklanan”, Jakarta : Universitas Mercu Buana.
Kotler, Philip. 2005. Maketing Insights From A to Z, Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip, Kevin Lane Keller. 2007. Summary of Philip Kotler & Kevin Lane Keller, Jilid 1, edisi 12. PT. Indeks
Morissan. 2007. Periklanan-Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jakarta : Ramdina
Prakarasa.
Shim, Terence. 2006. Periklanan dan Promosi, Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jilid II, Jakarta : Erlangga.
Bahan lainnya:
“30 Iklan yang Tidak Etis Mendapat Teguran dari PPPI”, http://www.gatra.com/2001-07-11/artikel, diunduh pada 12 Juli 2010
“KPID Protes Iklan Mie,” diunduh dari http://lokalnews.fajar.co.id, diunduh pada 12 Juli 2010
“PPPI Temukan 150 Iklan Bermasalah,” diunduh dari http://www.jawapos.co.id, diunduh pada 12 Juli 2010
“Sebanyak 56 Biro Iklan melakukan pelanggaran Etika,” diunduh dari : http://surabayawebs.com/index.php, pada 7 Juli 2010
“Tidak Cuma Iklan,” diunduh dari http://majalah.tempointeraktif.com/id, diunduh pada 12 Juli 2010
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v2i04.409
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Nurhablisyah Nurhablisyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |