REPRESENTASI KECANTIKAN PEREMPUAN DALAM IKLAN

Rina Wahyu Winarni(1*)

(1) Pusat Penelitian Bidang Bahasa dan Seni Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Secara struktural iklan terdiri dari tanda-tanda (signs), sebagai sebuah kombinasi antara gambar (image) dan teks, sebuah iklan jelas menghasilkan sebuah informasi, yaitu berupa representasi pengetahuan tertentu. Iklan efektif dalam mempengaruhi persepsi orang-orang tentang sebuah produk, iklan juga merupakan salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang mempunyai porsi paling besar dalam membentuk positioning produk. Reprsentasi wanita cantik dalam iklan banyak mendominasi iklan-iklan sebagai tontonan publik, penggunaan wanita cantik dalam iklan terlihat menjadi ide kreatif para kreator iklan. Kecantikan wanita dimaknai oleh khalayak sebagai wanita yang cenderung mempunyai warna kulit putih, langsing dan berambut lurus. Para wanita sering terjebak pada pemaknaan pesan yang ditransfer melalui iklan, yang pada prinsipnya adalah berusaha mempersuasi target sasarannya dengan kreatifnya. Perlunya dibangun kemampuan khalayak (dalam hal ini perempuan) untuk lebih kritis dalam melakukan pembacaan terhadap pesan iklan sehingga makna-makna yang ditransfer melalui iklan
dapat disikapi dan dimaknai dengan tepat, cerdas dan bijaksana.


Kata kunci: Iklan, Kecantikan, Representasi


Full Text:

PDF

References


Buku

Aaker, David A, John G. Myers, dan Rajee V Batra. 1999. Advertising Management, New Jersey: Prentice Hill, Upper Saddle River.

Bovee, Courland L. dan William F. Arens. 1986. Contemporary Advertising, Second Edition, Illinois, USA: Richard D. Irwin Inc.

Bugin, Burhan. 2007. Sosiologi Komunikasi, Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Featherstone, Mike. 1991, Consumer Culture and Postmomodernisasi, London: SAGE Publication, Ltd.

Fiske, John. 1990. Introduction To Communication Studies, London-New York , Routledge.

Hamad, Ibnu. 2007. Perencanaan Program Komunikasi Edisi Kedua, Jakarta: Universitas Terbuka.

Hasto, Palupi Dyah dan Teguh Sri Pambudi. 2006. Advertising That Sells, Jakarta: Gramedia.

Littlejohn, Stephen W. 2002. Theories of Human Communication, Seven Edition, Belmont, California: Wadsworth Publishing Company.

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

------------------. 2007. Metode Penelitian Komunikasi Contoh-contoh Penelitian Kualitatitif Dengan Pendekatan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya,

Nasution, Zulkarimein. 2007. Sosiologi Komunikasi Massa, Jakarta: Universitas Terbuka.

Piliang, Yasraf Amir. 2003. Hipersemiotika, Tafsir Cultural Studies Atas Matinya Makna, Yogyakarta: Jalasutra.

-----------------. 1998. Sebuah Dunia Yang Dilipat, Bandung: Mizan.

Prabasmoro, Aquarini Priyatna. 2003. Becoming White, Representasi Ras, Kelas Femininitas dan Globalitas dalam Iklan Sabun, Yogyakarta: Jalasutra.

Wolf, Naomi. 2004. Mitos Kecantikan Kala Kecantikan Menindas Perempuan, terjemahan The Beauty Myth, Yogyakarta: Niagara.

Jurnal

Aprilia, Dwi Ratna. 2005. Iklan dan Budaya Popular : Pembentukan Identitas Ideologis Kecantikan Perempuan oleh Iklan, Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 2 Nomor 1, Yogyakarta: Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP, Universitas Atmajaya Yogyakarta.

Armando, Nina M. 2004. Menjadi Pembelanja yang Boros. Jurnal Perempuan, Edisi 37, Jakarta: Yayasan Jurnal Perempuan.

Hamad, Ibnu. 1999. Media Massa dan Konstruksi Realitas, Jurnal Pantau, Jakarta: ISAI.

Miranti, Putri. 2005. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Persepsi Perempuan tentang Kecantikan Dalam Iklan Pemutih Kulit di Televisi, Jurnal Thesis, Volume IV/No.2 Mei –Agustus, Jakarta.

Prabasmoro, Aquarini Priyatna. 2004. Putih, Femininitas dan Seksualitas Perempuan dalam Iklan Kita, Jurnal Perempuan, Edisi 37, Jakarta: Yayasan Jurnal Perempuan.

Sumber lain :

Dewan Periklanan Indonesia, (2005), Etika Pariwara Indinesia ( Tata Krama dan Tata Cara Periklanan Indonesia)

Kompas , Februari 2008

Kompas Minggu , 9 Maret 2008

Kompas Minggu, 4 Mei 2008

Kompas Minggu, 26 April 2009




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v2i02.399

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rina Wahyu Winarni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.