LOGO BUKAN UNTUK KONTES KECANTIKAN: Kajian Semiotika pada Logo PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.
Dendi Pratama
(1*)
(1) Pusat Penelitian Bidang Bahasa dan Seni
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Seperti yang kita ketahui, perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia kurun waktu sepuluh tahun terakhir mengalami peningkatan yang begitu pesat. Hal ini berdampak pada persaingan yang begitu sengit antara perusahaan-perusahaan penyedia layanan telekomunikasi, begitu pula PT Telekomunikasi Indonesia Tbk yang merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi milik pemerintah Indonesia. Untuk menghadapi persaingan tersebut, Pt Telkom melakukan transformasi bisnis yang ditandai dengan perubahan logo dan semboyan. Logo baru PT Telkom banyak menuai kontroversi, terutama dari sisi visualisasi/ desain yang dianggap terlau sederhana dan kurang mewakili PT Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Tulisan ini mengupas bagaimana logo baru PT Telkom dapat mengangkat citra perusahaan. Pengumpulan data dilakukan melalui kajian literatur dan mengumpulkan pendapat-pendapat yang didapat dari diskusi kelompok desainer grafis. Setelah didapat data-data, dilakukan analisis dengan mengaitkan teori semiotika untuk mengetahui atas dasar apa desain logo baru PT Telkom dirancang. Kata Kunci : Logo, PT Telkom, semiotika.
References
Buku
Denzin, Norman K. dan Yvonna S. Lincoln. 2009. Handbook Of Qualitative Research, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Piliang, Yasraf Amir. 2003. Hipersemiotika: Tafsir Cultural Studies Atas Matinya Makna, Yogyakarta: Jalasutra.
Van Leeuwen, Theo and Carey Jewitt. 2004. Handbook of Visual Analysis, London: Sage Publications.
Internet
Profil PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. 2009. Diunduh dari http://www.telkom.com
DOI:
http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v2i01.394
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Dendi Pratama
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
|
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.
|
|
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |