Pengaruh Parenting yang Baik dan Storytelling terhadap Kemampuan Berkomunikasi Bahasa Inggris

Mulya Burhan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh parenting dan story telling terhadap kemampuan berkomunikasi siswa. Hipotesis yang diuji meliputi: 1) terdapat pengaruh yang signifikan parenting dan story telling terhadap berkomunikasi bahasa Inggris, 2) terdapat pengaruh yang signifikan parenting terhadap berkomunikasi bahasa Inggris, 3) terdapat pengaruh yang signifikan story telling terhadap kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen. Populasi adalah siswa SMP Swasta Depok. Jumlah sampel sebanyak 50 siswa, 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol yang dipilih dengan simple random sampling. Instrumen penelitian yaitu tes lisan berkomunikasi berbentuk interview dan kuesioner. Analisis data menggunakan Analysis of Varians (ANOVA) dua arah. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) terdapat pengaruh yang signifikan parenting dan story telling terhadap kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fh = 9,466, 2) terdapat pengaruh yang signifikan parenting terhadap kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris siswa dengan nilai Sig. = 0,018 < 0,05 dan nilai Th= 2,454, 3) terdapat pengaruh yang signifikan story telling terhadap kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris siswa dengan nilai Sig. = 0,014 < 0,05 dan nilai th= 2,564.

Kata Kunci:  parenting, story telling, berkomunikasi bahasa Inggris.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bailey, K. M., & Nunan, D. (2005). Practical English Language Teaching Speaking. New York: McGraw-Hill.

Graddol, D. (2006). English Next. The British Council.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara - Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v11i02.3461

Article metrics

Abstract views : 34 | Full Text views : 18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracting and Indexed by:


Editorial Office:
Research and Community Service
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
Statistik Deiksis

Flag Counter

Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.