Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Peningkatan Kemampuan Apresiasi Cerpen

Dien Mardiana Yulianti

Abstract


Studi ini dilakukan untuk melihat efektivitas Jigsaw sebagai upaya meningkatkan apresiasi cerpen siswa kelas IX SMP Pelita Bangsa Kota Tangerang Selatan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan melalui model ini. Rata-rata nilai awal hanya sebesar 58,75 dalam kategori kurang dan pada akhir siklus I meningkat menjadi 74,60 pada kategori cukup tetapi masih di bawah KKM, dan pada akhir siklus II rata-rata nilai tes siswa sebesar 81,13 termasuk kategori baik. Dari siklus I ke siklus II terdapat kenaikan keaktifan, ketertarikan, dan partisipasi dari 68% dan pada siklus II meningkat menjadi 84%. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan apresiasi cerpen siswa kelas IX SMP Pelita Bangsa, Tangerang Selatan.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyanti. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Istarani, 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan : Media Persada.

Jamal M. Asmani, Tujuh Tips Aplikasi PAKEM, (Yogyakarta: Diva Press, 2011), hlm. 39.Roestiyah NK. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Jamaludin. 2003. Problematika Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Adi Cita Karya Nusa

Mochammad, Nur. 2005. Pembelajaran Kooperatif, Surabaya. Tim Pengembang LPMP Jawa Timur dan PSMS Unesa.

Mohammad Ali, Modul Teori dan Praktik Pembelajaran Pendidikan Dasar. (Bandung: UPI Press, 2007).

Sadiman, Arief, dkk. 2002. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Pustaka

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning (cara efektif dan menyenangkan pacu prestasi seluruh peserta didik). Bandung: Nusa Media.

Sugianto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sutama, Main Sufanti. 2010. PTK dan Karya Ilmiah. Badan Penerbit FKIP-UMS: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sutopo, H.B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Beorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Zaini, Hisyam dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v11i01.3022

Article metrics

Abstract views : 12 | Full Text views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracting and Indexed by:


Editorial Office:
Research and Community Service
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
Statistik Deiksis

Flag Counter

Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.