Grammatical Errors in Spoken English Faced By Second Semester Students
(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(2) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) eror secara gramatikal dalam penggunaan Bahasa Inggris lisan yang dilakukan mahasiswa semester dua di kelas Berbicara (2) eror yang paling dominan yang ditemukan di dalam kegiatan kelas Berbicara. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester dua Program Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Indraprasta PGRI. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data dari 43 mahasiswa dalam kegiatan kelas Berbicara dan penelitian kuantitatif sederhana untuk mencari tipe eror yang dominan dan presentasenya. Datanya mengenai penggunaan Bahasa Inggris dalam kegiatan berbicara/lisan dengan mengklasifikasikan tipe eror dalam empat bagian; penghilangan, penambahan, salah dalam penginformasian, dan yang terakhir salah pengurutan. Kemudian presentase untuk semua tipe eror seperti penghilangan 12.41%, penambahan 13.14%, salah penginformasian 23.36%, dan yang terakhir salah pengurutan 4.38%. Eror yang paling dominan adalah salah penginformasian dengan presentase 23.36%. Singkatnya, hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar informasi dalam mempelajari kemampuan berbicara mahasiswa dengan mengetahui kelemahan mereka.
Kata Kunci: kemampuan berbicara, eror gramatikal, pembelajaran Bahasa Inggris
Full Text:
PDF (ENGLISH)References
Brown, H. D. (2004). Language Assessment: Principles and Classroom Practices. San Francisco: San Francisco University.
Burgess, S & Head, K. (2005). How to Teach for Exams. Chapter 7, Pearson Education Ltd.
Burns, A. C., & Seidlhofer, B. (2010). Speaking and Pronunciation. In N. Schmitt (Ed.), An Introduction to applied linguistics. 2nd ed. London: Hodder.
Catherine, M. et. al. (1999). Designing Qualitative Research,3rd ed, (United States of America: Sage.
Chaney, A.L., T.L. Burke. (1998). Teaching Oral Communication in Grades K-8. Boston: Allyn and Bacon
Cohen, L. et. al. (2007). Research Methods in Education. Sixth ed. (USA and Canada: Routledge.
Dulay, B. & Krashen (1982). Language Two. New York: Oxford University Press.
Ellis, R. & Barkhuizen, G. (2005). Analysing Learner Language. Oxford: Oxford University Press.
Harris, D.P. (1974). Testing English as a second language. New York. Mc.Grow hill
Louis, Cohen, et. al. 2007. Research Methods in Education. Sixth ed. (USA and Canada: Routledge.
Norrish, J. (1983). Language Learners and their Errors. London: Modern English Publications.
Nunan, D. (1991). Language Teaching Methodology: A Textbook for teacher.
Riggenback, H., & Lazaraton, A. 1991. Promoting Oral Communication Skill. In M. Celce-Murcia (ed.), Teaching English As a Second or Foreign Language. Boston: Heinle & Heinle Publishers.
Santa Barbara City College. Common Errors Types For English Language Learners (adapted from “Editing Line byline” by Cynthia Linville). CLRC Writing Center. https://www.sbcc.edu.writing_center
Thornbury, S. (2005). How to Teach Speaking. Pearson Education Limited
Ur, Penny. (1996). A Course in Language Teaching: Practice and Theory. Cambridge: Cambridge University Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v10i03.2688
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Dwinesa Anggraeni, Tita Puspitasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |