Analisis Nilai Pendidikan pada Kumpulan Cerpen Platform Blogging ruangsastra.com Edisi Tahun 2024

Septiyan Darma Bahari(1*), Maguna Eliastuti(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi nilai pendidikan yang terkandung dalam kumpulan cerpen yang dipublikasikan di platform blogging ruangsastra.com. Cerpen-cerpen ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana hiburan, tetapi juga menjadi medium pembelajaran yang efektif bagi pembacanya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menganalisis tema, pesan moral, dan konteks sosial yang ada dalam cerpen-cerpen tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak cerpen di ruangsastra.com mengangkat isu-isu pendidikan, seperti pentingnya membaca, menghargai ilmu pengetahuan, dan pengembangan karakter. Selain itu, cerpen-cerpen ini juga mencerminkan dinamika sosial dan tantangan yang dihadapi generasi muda saat ini. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pemahaman tentang peran sastra dalam pendidikan di era global ini.


Keywords


cerpen; nilai pendidikan; ruangsastra.com

Full Text:

PDF

References


Achsien, I. H. (2024). Kayu nisan terakhir. ruangsastra.com. https://ruangsastra.com/ 33562/kayu-nisan-terakhir

Andriyanto, O. D., dkk. (2020). Nilai-nilai pendidikan dalam novel Dhadhung Kepuntir karya Tulus S. (Pendekatan Sosiologi Sastra Swingewood). Sutama: Jurnal Sastra Jawa (Online), 8(2).

Budhiarti, R. A. (2024). Ronda. ruangsastra.com. https://ruangsastra.com/32999/ronda/

Dalman, H. (2013). Keterampilan membaca: Teori dan pembelajaran. Rajawali Pers.

Dewi, S. (2024). Bunga bulan. ruangsastra.com. https://ruangsastra.com/33252/bunga-bulan/

Eliastuti, M. (2017). Analisis nilai-nilai moral dalam novel Kembang Turi karya Budi Sardjono. Genta Mulia, 7(1).

Ellawati, D. S., & Sulistyowati. (2023). Nilai pendidikan karakter dalam novel Ayah karya Andrea Hirata: Nilai religius dan nilai kerja keras. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2).

Fatah, E. S. (2024). Koropak mesjid. ruangsastra.com. https://ruangsastra.com/33758/ koropak-mesjid/

Febriani, D., Uswatun, D. A., & Nurochmah, A. (2019). Penerapan model kooperatif teknik kancing gemerincing untuk meningkatkan sikap komunikatif siswa di kelas tinggi. Jurnal Persada, 2(2).

Halim, A. R., & Mislinawati, M. (2019). Upaya guru dalam menerapkan karakter cinta damai pada siswa sekolah dasar negeri 51 Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 1–10.

Haris, I. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap sikap tanggung jawab. BIORMATIKA: Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang, 4(2).

Hurit, S. P. (2024). Ibu kota. ruangsastra.com. https://ruangsastra.com/33452/ibu-kota/

Jannah, M. (2018). Metode pendidikan kejujuran yang ditanamkan guru dan orang tua (Studi kasus di MIS Darul Ulum Papuyuan Lampihong). Jurnal Al-Madrasah.

Khaidir, T. A. (2024). Tiga kuburan lain. ruangsastra.com. https://ruangsastra.com /33805/tiga-kuburan-lain/

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2007). Analisis data kualitatif: Buku sumber tentang metode-metode baru (T. R. Rohidi, Penerj.). UI Press.

Ningsi, A. P., & Suzima, A. (2020). Tingkat peduli sosial dan sikap peduli sosial siswa berdasarkan faktor lingkungan. Jurnal Pelangi, 12(1).

Purwati, D. (2017). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan implementasinya. DWIJACENDIKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2).

Puspitasari, S. (2021). Pentingnya realisasi bela negara terhadap generasi muda sebagai bentuk cinta tanah air. IJSED: Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 3.

Pribadi, Z., dkk. (2023). Aplikasi sistem pengelolaan nilai kedisiplinan siswa SMAN X berbasis web. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 4(2).

Priyambodo, A. B. (2017). Implementasi pendidikan karakter semangat kebangsaan dan cinta tanah air pada sekolah berlatar belakang Islam di Kota Pasuruan. Jurnal Sains Psikologi, 6(1).

Raharja, S., Wibhawa, M. R., & Lukas. (2018). Mengukur rasa ingin tahu siswa. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(2).

Rahmi, R., & Salim, R. M. A. (2017). Peran pelibatan diri siswa sebagai mediator dalam hubungan antara iklim kelas dengan sikap kreatif siswa SD sekolah alam. Jurnal Psikologi Undip, 16(1).

Rozali, Y. A. (2022). Penggunaan analisis konten dan analisis tematik. Forum Ilmiah, 19(1).

Sanjaya, M. D., & dkk. (2022). Nilai-nilai pendidikan dalam novel Hanter karya Syifauzzahra dan relevansinya sebagai pembelajaran sastra di SMA. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(2).

Sanjaya, M. D., & Sanjaya, M. R. (2021). Analisis nilai moral dalam kumpulan cerpen Keluarga Ku Tak Semurah Rupiah karya R. Ayi Hendrawan Supriyadi dan relevansinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Jurnal Bindo Sastra (Online), 5(1).

Santosa, Y. B. P., & Hidayat, A. (2022). Penanaman nilai demokrasi melalui pembelajaran IPS. JIPSINDO: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 9(2).

Sari, P. (2018). Penanaman nilai karakter gemar membaca. Jurnal Raushan Fikr, 7(2), 205–217.

Satrio, T. (2024). Kutukan naga jati. ruangsastra.com. https://ruangsastra.com/33272/ kutukan-naga-jati/

Supartika. (2024). Merebut tanah. ruangsastra.com. https://ruangsastra.com/33633/merebut-tanah/

Susiliawati. (2017). Nilai-nilai religius dalam novel Sandiwara Bumi karya Taifikurrahman Al-Azizy. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1).

Sutomo, W., & Milyani, V. (2019). Mengidentifikasi karakter "menghargai prestasi" peserta didik kelas VIII SMP N 5 Muaro Jambi. Jurnal Publikasi Pendidik, 9(2).

Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa.

Tarra, T. (2024). Dari Teluk Terima kepada dewa-dewa. ruangsastra.com. https://ruangsastra.com/33619/dari-teluk-terima-kepada-dewa-dewa/

Turama, R. (2024). Rahasia teh hangat warung Mang Aman. ruangsastra.com. https://ruangsastra.com/33321/rahasia-teh-hangat-warung-mang-aman/

Utomo, R. O., Hasanah, M., & Maryaeni. (2020). Telaah nilai toleransi sosial dalam novel karya Ahmad Tohari. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(6).

Wibawa, A. E. Y. (2022). Implementasi platform digital sebagai media pembelajaran daring di MI Muhammadiyah PK Kartasura pada masa pandemi Covid-19. Berajah Jurnal: Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Diri.

Yaumi, M. (2014). Pendidikan karakter: Landasan, pilar dan implementasi. Prenadamedia Group.

Yusutria, & Febriana, R. (2019). Aktualisasi nilai-nilai kemandirian dalam membentuk karakter mandiri siswa. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v17i2.26799

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Septiyan Darma Bahari, Maguna Eliastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.