Adverbial Time in Toba Batak Language

Imelda Malawaty Simorangkir(1*)

(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kata keterangan waktu atau adverb of time adalah bagian dari kelompok kata keterangan atau disebut dengan adverb. Dan adverb sendiri merupakan bagian dari grammar yang menerangkan tentang ketatabahasaan. Grammar menerangkan tentang bagaimana sebuah bahasa digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat diucapkan dengan struktur-struktur yang cukup baik, dan tertata rapi dalam setiap kalimat atau kata yang disampaikan si pembicara kepada si pendengarnya. Keterangan waktu pada bahasa Inggris dapat mengubah bentuk kata kerja. Pembentukkan kata kerja dalam bahasa Inggris terdiri dari tiga bentuk, yaitu: kata kerja bentuk pertama (infinitive/verb1), kata kerja bentuk kedua (past tense), dan kata kerja bentuk ketiga (past participle), sedangkan keterangan waktu dalam bahasa Batak Toba memiliki peran dan fungsinya sendiri. Keterangan waktu dalam bahasa Batak Toba selalu diletakkan di awal kalimat setelah predikat atau di awal setelah subjek. Keterangan waktu pada bahasa Batak Toba dapat juga diletakkan di akhir kalimat, jika kalimat itu menerangkan peristiwa atau kegiatan yang terjadi pada masa purbakala, dan pada waktu tak tertentu. Keterangan waktu pada bahasa Batak Toba tidak mengubah bentuk kata kerja apapun walaupun keterangan waktu tersebut menunjukkan atau menerangkan peristiwa atau kegiatan yang terjadi pada masa sekarang, masa lampau.dan masa yang akan datang seperti pada bahasa Inggris. Metodologi penelitian ini adalah menggunakan deskriptif kualitatif berdasarkan pemikiran Cresweel. Teori yang digunakan untuk temuan dan pembahasan data dalam penelitian ini menggunakan teori Michael Swan yang merupakan ahli bahasa yang lebih cenderung memperhatikan bahasa Inggris asli Inggris (British English) dan mendefenisikan grammar. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai bentuk-bentuk keterangan waktu dan fungsinya dalam bahasa Batak Toba dan bahasa Inggris yang dituang dalam kalimat.  

 

Kata Kunci: Keterangan Waktu Pasti dan Tidak Terbatas, Pola Kalimat, Bahasa Batak Toba


Full Text:

PDF (ENGLISH)

References


Coghill, J. and Magendanz, S. (2003). English Grammar. New York: Wiley Publishing. Inc.

Creswell, J. W. (2003). Research Design: Qualitative, Quantitave and Mixed Methods Approaches. London. SAGE Publications.

Halliday, M. A. K. (1994). An Introduction to Functional Grammar Second Edition. United States of America. Oxford University Press Inc.

Novia, W. (2008). Esential English Grammar. Jakarta: Wopres.

Paradise Center. (2000). English Grammar Text Book. Medan: Lembaga Pendidikan Bina Prospek, Tim Pengajar.

Sinaga, A. R. (2002). Tata Bahasa Batak Toba. Medan. Bina Media, Anggota IKAPI.

Swan, M. (2005). Practical English Usage: 3rd Edition. London: Oxford University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v10i03.2598

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Imelda Malawaty Simorangkir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.