Pengaruh Teknik Bermain Peran terhadap Keterampilan Berbicara

Agung Prasetyo(1*), Doni Anggoro Ari Santoso(2)

(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(2) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan agar peneliti dapat secara empirik apakah keterampilan berbicara siswa yang diajarkan menggunakan teknik bermain peran lebih tinggi dibandingkan para peserta didik yang mendapatkan pengajaran melalui metode konvensional (diskusi) peserta didik kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Al Falah Bogor. Metode eksperimen digunakan sebagai metode penelitian dalam penelitian ini. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel dari 60 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes non-lisan berjumlah 20 soal. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji syarat data yakni uji normalitas serta homogenitas dan juga uji kesamaan dua rata-rata. Hasil pengujian hipotesis ini diperoleh melalui uji kesamaan dua rata-rata ( uji t) pada taraf signifikan 5%. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata skor kelas eksperimen =78,7 dengan simpangan=10,28 sedangkan rata-rata kelas kontrol = 72,6 dengan simpangan=11,09. Hasil pengajuan hipotesis diperoleh thitung= 2,202 dan ttabel 2,002378 karena thitung> ttabel dengan Ho ditolak dan H1 diterima. Dari hasil penelitian dapat ditarik suatu simpulan bahwa teknik bermain peran memengaruhi keterampilan berbicara siswa.  
 
Kata Kunci: Teknik Bermain Peran, Keterampilan Berbicara

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Depdiknas. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD dan MI. Pekanbaru: Dispora.

Finocchiro, M. (2001). Foreign Language Learner : Guide Prentice Hall. New York: DRegents Publishing Company, Inc

Jesness, J. (2004). Teaching English Language Learners K-12 A Quick Start Guide For The New Teacher. Thousand Oaks, California : Corwin Press Sage Publication Company

Mulyasa, E. (2004). Implementasi Kurikulum 2004 Panguan Pembelajaran KBK. Bandung : PT d Remaja Rosdakarya Offset

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Media Prenada.

Spratt, M. (2011). Teaching Knowledge Test Course Modules 1, 2 and 3. Cambridge University Press UK

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2005). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

http://eprints.uny.ac.id/9523/3/bab%202-08209241004.pdf. Diunduh 20 Juni 2014

http://areadge.mec.pt/gramatica/whatspeakingis. html. Juli, 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v10i02.2375

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Agung Prasetyo, Doni Anggoro Ari Santoso

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.