Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia 9 Tahun: Kajian Pemerolehan Fonologi dan Ujaran
(1) Prodi Teknik Industri FTMIPA UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Bahasa adalah alat yang digunakan seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain dan bahasa pertama adalah bahasa yang diperoleh seseorang secara langsung mengikuti tahapan-tahapan pemerolehan dan perkembangannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemerolehan bahasa pertama seoarang anak perempuan berusia 9 tahun yang bernama ASR Dilihat dari aspek pemerolehan fonologi dan ujaran. Pendekatan penelitian yaitu deskriptif kualitatif dengan metode simak dan catat. Teknik analisis data mengacu pada kajian analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ASR hanya memiliki 3 pola pemerolehan fonologi (Penggantian, Penghilangan dan Reduplikasi) dari kata benda, kata kerja, dan kata sifat. Selanjutya ujaran yang ia miliki baru pada tahap dua kata.
Kata kunci: pemerolehan, bahasa pertama, asr, fonologi, ujaran
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Chaer, A. (2003). Psikolinguistik: Kajian teoretik. Jakarta: Rineka Cipta
Ardiana., & Sodiq, S. (2000). Psikolinguistik. Jakarta: Universitas Terbuka
Arifuddin. (2010). Neuropsikolinguistik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Chaerunnisa. (2018). Pemerolehan bahasa pada bayi dan anak. Cakrwala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume, 9(2), 125-137.
Dardjowidjojo, S. (2008). Pengantar pemahaman bahasa manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Endah, N., Rahmayanti, D. A., & Supriatna, E. (2019). Pemerolehan bahasa pertama terhadap anak usia 2 sampai 4 tahun menurut tataran morfologi dan sintaksis. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(5), 847-854.
Fatmawati, S. (2015). Pemerolehan bahasa pertama anak menurut tinjauan psikolinguistik. Jurnal Lentera Volume XVIII, No. 1 (hlm. 63-75).
Harras, K., & Dutha, A. (2009). Dasar-dasar psikolinguistik. Bandung: UPI Press
https://www.google.co.id/books/edition/Linguistik_Umum/aI_PDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pemerolehan+bahasa+pertama&printsec=frontcover
Sebayang, S. (2018). Analisis Pemerolehan Bahasa (Bahasa Melayu) Pada Anak Usia 3 Tahun. Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, Dan Pengajaran Volume 4 Nomor 1 ((hlm.106-114)
Stephen D. K. (2006). Prinsiples and Practice in Second Language Acquisition. California: University of Southern California.
Sudarwati, E., Perdhani, W. C., & Budiana, N. (2017). Pengantar Psikolinguistik. Universitas Brawijaya Press.
Yulianto, B. (2001). Perkembangan fonologis tuturan bahasa indonesia anak. Suatu tinjauan berdasarkan fonologi generatif. Disertasi Tidak Diterbitkan. Malang: PPs Universitas Negeri Malang.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v13i3.10046
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Muhamad Yasir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |