Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Metode Economic Value Added dan Market Value Added (Studi Kasus Perusahaan Sub-Sektor Kosmetik dan Keperluan Rumah Tangga Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022)

Alyana Narulita(1*), Suhono Suhono(2), Gusganda Suria Manda(3), Hari Sulistiyo(4)

(1) Universitas Singaperbangsa Karawang
(2) Universitas Singaperbangsa Karawang
(3) Universitas Singaperbangsa Karawang
(4) Universitas Singaperbangsa Karawang
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam beberapa tahun terakhir perusahaan kosmetik mengalami pertumbuhan yang menjanjikan. Namun pada kenyataannya laba bersih perusahaan-perusahaan terkait justru menurun setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan perusahaan di Sub-Sektor Kosmetik dan Keperluan Rumah Tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2018-2022 dengan menggunakan metode Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa laporan keuangan yang dipublikasikan oleh perusahaan sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan uji hipotesis menggunakan uji t sampel independen, termasuk pengukuran Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA). Temuan penelitian menunjukkan bahwa PT Unilever Indonesia Tbk memimpin dalam hal kinerja Economic Value Added (EVA) terbaik, sementara PT Kino Indonesia Tbk berada di peringkat terendah dalam EVA. Demikian pula, PT Unilever Indonesia Tbk juga memegang posisi teratas untuk Market Value Added (MVA), sedangkan PT Mandom Indonesia Tbk memiliki MVA terendah. Secara keseluruhan, kinerja keuangan perusahaan kosmetik yang dinilai melalui metode EVA dan MVA menunjukkan nilai positif. Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik antara hasil EVA dan MVA.

Keywords


Kinerja Keuangan; Economic Value Added; Market Value Added; Industri Kosmetik.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Cahyandari, A., Yusuf, H. F., & Rachmawati, L. (2021). Analisis Economic Value Added (EVA) , Financial Value Added (FVA) dan Market Value Added (MVA) Sebagai Alat Ukur Kinerja Keuangan. 6(2), 121–146.

Fahlevi, D., & Manda, G. S. (2021). Pengaruh Manajemen Risiko Terhadap Kinerja Keuangan Bank Swasta Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Informatika (JBMI), 17(3), 253–268.

Gari, A. (2023). Analisis Kinerja Keuangan PT. Mandom Indonesia Tbk Periode 2016-2020 dengan Menggunakan Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA). Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4, 66–79. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/JPE/article/view/814/770

Hartono. (2019). Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) Sebagai Alat Ukur Kinerja Perusahaan. Jurnal Ekonomi, 21(3), 221–236. https://doi.org/10.18860/iq.v3i2.249

Hasibuan, L. (2022, November 4). Industri Kecantikan Tahan Krisis, Laris Manis Meski Pandemi. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20221104104902-33-385138/industri-kecantikan-tahan-krisis-laris-manis-meski-pandemi

Heny Triastuti Kurnianingsih & Sri Rahayu. (2020). Financial Performance Assessed From Economic Value Edded (EVA) and Market Value Added (MVA) Cases in the Cosmetics Sub-Sektor and Household Needs Listed On the BEI. Budapest International Research and Critics Institute, 3(4), 3179–3184. www.bircu-journal.com/index.php/birci

Kuncara, T., & Agustina, R. (2022). Analysis of Cov-19 Impact on Financial Performance at PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk and PT. Bank Central Asia, Tbk for 2016-2020 Using Economic Value Added (EVA) and Market Value Added (MVA) Methods. East Asian Journal of Multidisciplinary Research (EAJMR), 1(2), 59–66. https://doi.org/10.31933/dijemss.v2i6.998

Marginingsih, R. (2022). Analisis Kinerja Keuangan Dengan Menggunakan Metode EVA dan MVA Pada PT. Electronic City Indonesia Tbk. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 9(2), 145–151. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i06.349

Muhammad Rizal Utomo, Mutia Aprilianti Nur Azizah, Mutiara Rahmi Fadillah, Nadila Sholehah, Nadyya Putri Marthiana, Nazela Suci Akbari, Neneng Badriah, & Setya Mulyawan. (2020). Analisa Kinerja Keuangan Metode EVA Dan MVA Pada Perusahaan Pt Waskita Karya (Persero) Tbk Tahun 2017-2019. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 2(1), 17–27. https://doi.org/10.54783/jin.v2i1.104

Nababan, W. M. C. (2023). Pertumbuhan Industri Kecantikan Ditopang Impor Bahan Baku. Kompas. https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2023/07/23/pertumbuhan-industri-kecantikan-ditopang-impor-bahan-baku

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian. In Sibuku Media.

Putra, K. K., & Sibarani, M. (2018). Analisis Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Ritel Di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2014 - 2017. Journal of Accounting and Business Studies, 3(2), 79–94. https://journal.ithb.ac.id/JABS/article/view/318

Sindi, Anggeraeni, D., Situmeang, A., & Sunardi, N. (2023). Penilaian Kinerja Keuangan menggunakan Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) dengan Time Series Approach pada perusahaan Properti di Indonesia. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 358–365. https://doi.org/10.572349/neraca.v1i2.163%0Ahttps://jurnal.kolibi.org/index.php/neraca/article/view/163

Siska Ardiani, & Sriwardany. (2021). Analisis Perbandingan Economic Value Added dan Market Value Added dalam Penilaian Kinerja Keuangan pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Multidisiplin Madani, 1(1), 31–40. https://doi.org/10.54259/mudima.v1i1.85

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Vol. 5, Issue 1). Alfabeta Bandung. https://revistas.ufrj.br/index.php/rce/article/download/1659/1508%0Ahttp://hipatiapress.com/hpjournals/index.php/qre/article/view/1348%5Cnhttp://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09500799708666915%5Cnhttps://mckinseyonsociety.com/downloads/reports/Educa

Sundari, A., Rozi, A. F., Bilgies, A. F., Muhajir, A., & Anggraini, N. M. (2023). Financial Performance Analysis Using Economic Value Added and Market Value Added Methods. Journal of Tourism Economics and Policy, 3(1), 42–48. https://doi.org/10.38142/jtep.v3i1.546

Susanti, I., Dimyati, M., & Sari, N. K. (2020). Analisis Economic Value Added (EVA) Dan Market Value Added (MVA) Sebagai Alat Ukur Kinerja Keuangan Bank Umum Swasta Nasional (BUSN) Devisa Go Public Tahun 2014-2018. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Universitas Pendidikan Ganesha, 11(3), 520–526. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak/article/view/26764

Yuniar, N. (2021). Gesit beradaptasi, cara industri kosmetik bertahan. Antara News. https://www.antaranews.com/berita/2045298/gesit-beradaptasi-cara-industri-kosmetik-bertahan




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v16i3.24557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Alyana Narulita, Suhono Suhono, Gusganda Suria Manda, Hari Sulistiyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.