Peranan Progresivisme dalam Peningkatan Moralitas Siswa di Era 4.0
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Pakuan Bogor
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ali, Hamdan, H. B. (1986). Filsafat Pendidikan. Kota Kembang.
Atmadja, N. B. (2018). Saraswati dan Ganesha Sebagai Simbol Paradigma Interpretativisme dan Positivisme. El- Afkar, 7(1), 69–74.
Bambang, S. (2015). Pendidikan Karakter : Solusi Mengatasi Krisis Moral Bangsa.
Universitas Islam Negeri (UIN).
.Fahira, W. R. (2022). Hubungan Pola Berfikir Siswa Kelas 8 Terhadap Prestasi Belajar Dalam Mata Pelajaran IPS Di SMPN 3 Kota Solok. Journal of Education, 3(2).
Fahira, W. R., Lisa, F. M., Dani, P. R., Ria, N. S., & Wati, M. S. (2022). Persepsi Siswa Kelas X Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran IPS Di SMA 1 Bukit Sundi. Jurnal Eduscience, 9(3).
Hasan, Shadily. (1984). Ensiklopedi Pendidikan. Jakarta : Ikhtiar
Hidayati, Laily. Asah, Asuh, Asih: Dual-Career Family, Yogyakarta: Program Studi PGRA, 2017.
Illahi, N. (2020). Peranan guru profesional dalam peningkatan prestasi siswa dan mutu pendidikan di era milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1-20.
Ilham, D. (2020). Persoalan-Persoalan Pendidikan dalam Kajian Filsafat Pendidikan Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(2), 179-188
Jalaluddin dan Abdullah Idi. (2012). Filsafat Pendidikan; Manusia, Filsafat dan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Jujun S. Sumantri, (2003). Filasafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan. 5
Kattsoff, O. L (2004) Pengantar Filsafat Yogyakarta : Tiara Wacana Yogya,
Mansur. Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75.
Muhmidayeli. (2011). Filsafat Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.
Muslim, A. (2020). Telaah Filsafat Pendidikan Esensialisme Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan, 8(2).
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.
Putri, F. E., Melani, J. A., Asbari, M., & Novitasari, D. (2023). Pendidikan Karakter Membentuk Moralitas Anak Bangsa: Sebuah Esai. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(01), 20-24.
Rony, R., & Jariyah, S. A. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 79-100.
Sari, Y. G., Putra, B. E., Miranti, Y., & Setiawati, M. (2022). Hubungan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Kelas X DI SMA 1 IX Koto Sungai Lasi. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(4), 134–136.
Sugiyatno,(2013) “Optimalisasi Peran Keluarga dalam Membangun Moral Remaja”. Disampaikan dalam rangka kegiatan MOS Maguwoharjo UNY.
Suyanto, Slamet. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Hikayat, 2005
Wantu, H. M. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Membentuk Moralitas Anak Bangsa. Irfani, 16(1), 1-8.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v16i1.21426
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Irham Ramdani, Tanti Ardianti, Henny Suharyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.