Pengaruh Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa atas Kemampuan Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Heru Sriyono(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRACT 

The purpose of this study is to determine 1) The influence of learning motivation and perceptions of teacher pedagogic ability together to achievement learn. 2) The influence of learning motivation on student achievement 3) The influence of perception on teacher pedagogic ability to student achievement. The survey method with the technique of inferential statistical analysis of simple correlation and double correlation, and simple regression and multiple regression. Population in this research is the students of class X Private Nurussaadah, MA Private Al-Khairiyah, and MA Private Nurul Amanah 80 South Jakarta. The sample was graduated 80 students of class XI taken by random sampling technique. The results concluded (1) There is a significant influence of learning motivation and perceptions on teacher pedagogic ability together on learning achievement of Pancasila Education and Citizenship of Private Madrasah Aliyah students in South Jakarta; (2) There is a significant influence of learning motivation on learning achievement of Pancasila Education and Citizenship of Private Madrasah Aliyah students in South Jakarta. (3) There is a significant influence of perceptions on teacher pedagogic ability and learning achievement of Pancasila and Citizenship Education, Private Madrasah Aliyah students in South Jakarta

Keywords: learning motivation, Pedagogic ability, learning achievement

 

ABSTRAK 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh motivasi belajar dan persepsi atas kemampuan pedagogik guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar. 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa 3) Pengaruh persepsi atas kemampuan pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa. Metode survei dengan teknik analisis data statistik inferensial korelasi sederhana dan korelasi ganda, serta regresi sederhana dan regresi ganda.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Swasta Nurussaadah, MA Swasta Al-Khairiyah, dan MA Swasta Nurul Amanah 80 Jakarta Selatan. Sampel berjuamlah 80 siswa kelas XI diambil dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menyimpulkan (1) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan  persepsi atas kemampuan pedagogik guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa Madrasah Aliyah Swasta di Jakarta Selatan; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa Madrasah Aliyah Swasta di Jakarta Selatan. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas kemampuan pedagogik guru dan prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, siswa Madrasah Aliyah Swasta di Jakarta Selatan

Kata kunci: Motivasi belajar, Kemampuan Pedagogik, Prestasi belajar 


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


A. Ahmadi.(1987). Pendidikan dari masa ke masa.Bandung: CV Armiko.

Ardhana,Wayan.(1985). Pokok-pokok ilmu jiwa

bumi.Surabaya: Usaha Nosional Ari Kunto.

Badudu Zain.(1996). Kamus umum bahasa Indonesia.Jakarta: Sinar Harapan

Dimiyanti & Mudjiono.(2002). Belajar dan pembelajaran.Jakarta: PT.Rineka Cipta.

----------------.(2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

I.A,Suparman. (2013). Aplikasi computer dalam penyusunan karya ilmiah. Tangerang: PT. PustakaMandiri.

Kartini Kartono & Dali Gulo. (1987). Kamus psikologi.Bandung: Pioner Jaya.

Kumpulan teori-teori tentang belajar, ttp..M. Noor(1997). Himpunan istilah psikologi. Jakarta : Pedoman Ilmu Jaya.

Mahfudh Shlmahuddin. (1990). Psikologi pendidikan. Surabaya: PT. Bina Ilmu

Nasution, S. Didaktik.(1999).Azas-azas mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Oemar, H.(2001). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Oh.Nasir.(1999).Metode penelitian. Cetakan ke tiga.Jakarta.Ghalia

Program Pasca Sarjana Universitas Indraprasta. Buku panduan penulisantesis. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI

Ravianto.(1995). Produktivitas dan tenaga kerja Indonesia.usaha nasional Indonesia

Sardiman A.M.(2006). Interaksi dan motivasi belajar mengajar.Jakarta:CV.Rajawali.

Sardiman, AM.(2000). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Singarimbun, Marsi & Sofyan Effendi. (1995).Metode penelitian survei, Jakarta: PT Pustaka LP3ES Indonesia

Suryabrata,S.(2005). Psikologi pendidikan. Rajawali Pers.

Supriyono Widodo.(2003). Psikologi belajar. Solo: Rineka Cipta.

Syah, M. (1999).Psikologi belajar. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Thomas M. Risk. (1956). Models for teaching. Texas: Austin University.

Dictionary. (2006).Jakarta: Karisma Publishing Group

Winardi,J.(2001).Motivasi dan pemotivasian dalam manajemen. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v9i3.2123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sosio ekons

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.