Pengaruh Desain Daftar Menu Terhadap Keputusan Pembelian

Widya - Nuriyanti(1*), Siska Maya(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRACT

Menu listing design needs to have a visual power that attracts the attention of consumers and to be able to compete with other cafes. Design Objectives in the menu list becomes important, because its existence is not limited to the menu information offered but as the attraction of the cafe and can increase sales. In addition to the Design in the menu list also to find out how much influence on consumers in purchasing decisions. This study uses a quantitative approach where quantitative research emphasizes the testing of theories through measurement of research variables with numbers and performs analysis with statistical procedures. Data collection techniques using questionnaires that refer to the three aspects of the variable from the menu list of elements of color, typeface, text, illustrations or drawings. The results show that the elements of color, text, illustrations and images have an important effect on the design of the cafe menu list of purchasing decisions. Of the three most dominating elements in purchasing decisions is the color element because the color menu design is more important than the black and white café menu design

Keywords: Cafe, List menu, Purchase Decision

ABSTRAK 

Desain daftar menu perlu memiliki kekuatan visual yang menarik perhatian konsumen dan agar mampu bersaing dengan kafe lainnya. Tujuan Desain dalam daftar menu menjadi penting, karena keberadaannya bukan sebatas informasi menu yang ditawarkan tetapi sebagai daya tarik dari kafe tersebut dan dapat meningkatkan penjualan. Selain itu Desain dalam daftar menu juga untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya terhadap konsumen dalam keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana penelitian kuantitatif lebih menekankan pada pengujian teori- teori melalui pengukuran variabel- variabel penelitian dengan angka dan melakukan analisis dengan prosedur statistik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang mengacu pada tiga aspek variabel dari daftar menu yaitu elemen warna, jenis huruf, tulisan, ilustrasi atau gambar. Hasil menunjukkan bahwa elemen warna, tulisan, ilustrasi dan gambar berpengaruh penting dalam desain daftar menu kafe terhadap keputusan pembelian. Dari ketiga elemen yang paling mendominasidalam keputusan pembelian adalah elemen warna karena desain menu berwarna lebih penting dari desain menu kafe yang  hitam putih.

 Keywords: Kafe, Daftar Menu, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistika.(2015).Statistika Indonesia. 2010-2014. Jakarta

Jhone and Anne, (2006). ”Menu design : can menus sell”. International Journal of Contemporary Hospitally management. Vol.7. Issue 4

Kasali, Rhenald, (2000). Membidik Pasar Indonesia” Segmenting, Targeting dan Positioning, Jakarta: Gramedia

Philip, Kotler, (2002). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid 1, Jakarta: Prenhallindo.

Rangkuti, Freddy,(2002).Riset Pemasaran Cetakan kelima. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Schiffman, L dan Kanuk, L.L., (2004). Perilaku Konsumen Edisi ketuju, Jakarta.Indeks

Sugiyono,(2011).Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Supranto, (2011). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (untuk Memenangkan Persaingan Bisnis) Edisi ke 2, Jakarta. Mitra Wacana Media.

Syarah, S, (2016), Pengaruh Desain Kerudung Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Outlet Rabbani Purwokerto)”, Skripsi,(Purwokerto, Institut Agama Islam Negeri).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v9i3.1544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sosio e-Kons

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.