Sistem Informasi Pemasaran Berbasis Website Terhadap Brand Awareness dan Minat Beli Produk Udang Instan Berbumbu Merek Seadang

Maria Erna Kustyawati(1*), Alissa Marchita Putri(2)

(1) Universitas Lampung
(2) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author

Abstract


Produk pangan yang menyehatkan, cepat saji, dan bercita rasa dibutuhkan oleh mayoritas masyarakat, sehingga diversifikasi produk pangan khususnya pengolahan hasil perikanan perlu dilakukan untuk menunjang ketahanan pangan di Indonesia. Udang instan berbumbu dengan merek Seadang dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan serta nilai tambah dengan cita rasa khas yang disukai konsumen. Produk suatu perusahaan yang kurang dipromosikan akan mempengaruhi volume penjualan karena kesadaran merek (brand awareness) produk tersebut tidak melekat dalam benak konsumen. Penerapan teknologi website untuk memasarkan produk udang instan berbumbu akan membantu perkembangan produk, mempermudah penjualan, serta mengurangi biaya pengeluaran khususnya dibagian pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas website yang dirancang terhadap brand awareness dan minat beli produk udang instan berbumbu merek Seadang. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner yang diberikan kepada 110 responden dan dianalisis menggunakan koefisien determinasi dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) rancangan website diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pemilik dan pelanggan, 2) kualitas website berpengaruh secara signifikan terhadap brand awareness dengan kontribusi sebesar 50,6%, dan 3) kualitas website berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli dengan kontribusi sebesar 29,7%.

Keywords


Brand awareness; Kualitas website; Minat beli.

Full Text:

PDF

References


Dafa, P., M. 2021. Efektivitas Penggunaan Instagram Stories Pada akun @male.id Terhadap Pembentukan Brand Awareness dan Minat Beli di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Indonesia [Skripsi]. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Halim, E. S. 2017. Faktor-Faktor Yang Menjadikan Brand La Classique Tidak Dikenal. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 3(1), pp.419-427.

Hidayatullah, M. F., dan Putra, B. C. 2019. Implementasi E-Commerce dengan Model Business Model Canvas pada Toko OBAMA Berbasis Content Management System Wordpress. Indonesia Journal Information System, 2(6), pp.396-401.

Ispandi, I., Ramadan, R., Atmaja, R. K., dan Sudradjat, A. 2020. Analisis Pengaruh Kualitas Website Backpaker Jakarta Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Metode Webqual. Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 4(2), pp.32-38.

Jennifer, J. 2021. Pengaruh Brand Awareness Dan Promosi Online Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Di Kota Batam [Skripsi]. Universitas Putera Batam. Batam.

Malhotra, N., Hall, J., Shaw, M., dan Oppenheim, P. 2010. Marketing research: An applied orientation. Australia: Pearson Education.

Mardiyati, S., dan Amruddin. 2016. Diversifikasi Produk Olahan Udang Rebon pada Kelompok Wanita Nelayan. Jurnal Al-Ikhlas, 2(1), pp.1-10.

Nirmala. 2018. Analisis Implementasi E-Marketing terhadap Pemasaran Produk Songkok Guru pada Kub Angin Mamiri Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah. Makassar.

Nurachmad, E., dan Cahyadi, S. 2021. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Promosi Berbasis Web Bagi UKM di Wilayah Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(2), pp.171-180.

Permatasari, D., Februadi, A. C., dan Gunawan, A. I. 2021. Proyek Meningkatkan Brand Awareness Forget Me Not Coffee Melalui Video Promosi di Instagram. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar 12 (hlm. 1144-1149). 4-5 Agustus 2021. Bandung: Politeknik Negeri Bandung.

Pratiwi, E., C., dan Ghina, A. 2015. Kajian Karakteristik Kewirausahaan dan Keunggulan Bersaing Studi Kasus Pada Sentra Industri Rajut Binong Jati. E-Proceeding of Management (pp. 1198-1205). 2 Agustus 2015. Bandung: Universitas Telkom.

Saputra, B., Y. 2010. Analisis dan Perancangan Aplikasi Penjualan dan Pemesanan pada NBA Gypsum Yogyakarta. https://www.neliti.com/publications/250666/analisis-dan-perancangan-aplikasi-penjualan-dan-pemesanan-pada-nba-gypsum-yogyak. [29 Juli 2022].

Septiawan, M. F. 2016. Hubungan Antara Efektifitas Media Sosial Instagram dengan Minat Beli Sepatu Sneaker (Survei pada Mahasiswa FISIP Pengguna Media Sosial Instagram di Follower Account Official BEM FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa) [Skripsi]. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang. Banten.

Siregar, S. M. 2019. Analisis dan Desain Sistem Informasi Pemasaran Produk Pertanian (Studi pada Beras di PT. Kilang Padi Rahmat GS) [Skripsi]. Universitas Sumatera Utara. Medan.

So, I. G., Simamora, B. H., Natalia, and Steven. 2015. The Influence of Website Quality, Brand Awareness and Perceived Product Quality on Purchase Intention of Video Games Online Store. In 2015 International Conference on Technology, Informatics, Management, Engineering & Environment (TIME-E) (pp. 31-33). 7-9 September 2015. Sumatera Utara: Universitas Bina Nusantara.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suyoto, M. C. 2006. Analisis Faktor-Faktor Yang Dapat Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan untuk melakukan Online Shopping Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Pengguna Online Shopping Pelanggan Makanan Kesehatan PT. Trias Sukses Dinamika di Kota Semarang) [Tesis]. Semarang: Universitas Diponegoro.

Veronika. 2016. Pengaruh Iklan dan Brand Image terhadap Minat Beli Konsumen, dengan Brand Image sebagai Variabel Mediasi [Skripsi]. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Widiyanti, A. E. 2018. Model Pengaruh Kualitas Website dan Media Sosial terhadap Citra Merek dan Keputusan Pembelian Produk Green Angelica [Tesis]. Surabaya: STIE Perbanas Surabaya.

Zakiah, A., Ekawijana, A., & Laksana, E. A. 2019. Implementasi metode action research untuk peningkatan daya saing UMKM melalui e-comerce. Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 23(1), pp.54-62.

Zulfikar, M. F. Z. 2018. Analisis Pengaruh Website Brand dan Kualitas Website Toko Online Pada Kepercayaan dan Minat Beli Konsumen (Studi Pada Toko Online Tokopedia) [Skripsi]. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v14i3.14278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 alissa marchita putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.