Kepercayaan dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada E-Commerce Shopee

Ghina Rahadatul Aisy(1*), Sofia Windiarti(2)

(1) Universitas Jenderal Achmad Yani
(2) Universitas Jenderal Achmad Yani
(*) Corresponding Author

Abstract


Terdapat keluhan yang dirasakan oleh Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Achmad Yani seperti lambatnya pelayanan, aplikasi sering mengalami gangguan, barang tidak sesuai dengan katalog dan berbagai macam keluhan lainnya yang dirasakan oleh Mahasiswa Akuntansi. Dengan begitu Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan secara parsial dan simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi Angkatan 2018-2021 yang menggunakan E-Commerce Shopee. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner yang diberikan melalui google form kepada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Achmad Yani. Sampel diperoleh dengan menggunakan metode non probability sampling dengan teknik sampling kuota. Data yang berhasil diolah sebanyak 100 responden. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala pengukuran ordinal dengan skala likert. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Secara simultan kepercayaan dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan.

 

 


Keywords


Kepercayaan; Kualitas Layanan; Kepuasan Pelanggan; E-Commerce; Shopee.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Indrajit R 2002 Electronic Commerce Strategi dan Konsep Bisnis di Dunia Maya

Pratomo Y 2021 Jumlah Pengguna Aplikasi Marketplace Indonesia Terbesar Ketiga di Dunia

Wikanto A 2021 Bukan Shopee, inilah e-commerce dengan pengunjung paling banyak pada kuartal 2 2021

Rachmatunnisa 2019 Keluhan Pelanggan e-Commerce: 90% soal Status Pengiriman Barang

Anon Pengalaman konsumen menggunakan Shopee -

Sari R P and Yasa N N 2020 Kepercayaan Pelanggan di Antara Hubungan Citra Perusahaan Dan Kewajaran ... - Anak Agung Ratih Permata Sari, Ni Nyoman Kerti Yasa - Google Buku ed Andriyanto (Klaten: Lakeisha)

Buddy, Tabroni and Salim F 2019 Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Pada Reputasi Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Travel Umroh dan Haji di Jakarta Timur) J. Ekon. Bisnis Dan Manaj. 4 110–25

Indrasari M 2019 Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan (Surabaya: Unitomo press)

Tjiptano F and Chandra G 2016 Service, Quality & Satisfaction (Yogyakarta: CV Andi)

Lestari A D and Hidayat I 2019 Pengaruh Kualitas Pelayanan , Harga , Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt . Globat Jet Express ( J & T ) Surabaya J. IlMU Dan Ris. Manaj. 8 1–19

Puji Lestari F A 2018 Pengaruh Web E-Commerce, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen Sosio e-kons 10 87

Nawangsari S and Widiastuti R 2018 Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan Dan Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank (Studi Kasus Pada Pt Bank Dki – Depok) Sebatik 22 51–5

Rasyid H Al 2017 Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Go-Jek J. Ecodemica J. Ekon. Manajemen, dan Bisnis 1 210–23

Gosal P, Sepang L T and Rate P Van 2018 Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Servicescape Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Di Bank Bri Kampus Fisip Unsrat Manado). J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt. 6




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v14i2.12071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ghina Rahadatul Aisy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.