Minat Wirausaha Mahasiswa Berbasis Ekonomi Kreatif di Masa Pandemi Covid 19

Dwi Rorin Mauludin Insana(1*), Imam Suseno(2), Yolanda Yolanda(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Borobudur
(*) Corresponding Author

Abstract


The ongoing COVID-19 pandemic has had a profound impact on the economy. This study is intended to determine the potential and interest of students for creative economy-based entrepreneurship in the midst of the COVID-19 pandemic situation. This study uses a descriptive qualitative research approach. The analysis was carried out in stages, namely the data reduction stage, then presented the data qualitatively, and verified the research data information. The results of the research show that there are several reasons respondents are interested in owning a business, namely wanting to have a side business in addition to their existing job, wanting to have their own income, wanting to help the family economy, wanting to develop their potential and helping provide jobs for others, wanting to be free and not bound by time. work, want to be financially free. Meanwhile, the businesses that respondents are interested in during this pandemic are creative economy-based businesses, including online businesses (digitalpreneurs), culinary businesses, fashion businesses, handicrafts, printing, content creators, health product businesses, especially herbal ingredients and medical devices related to pandemic covid 19 (hand sanitizers, masks, disinfectants, hand soap), educational services and grocery stores.

 

Pandemi covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini sangat berdampak terhadap aspek ekonomi. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui potensi dan keminatan mahasiswa untuk berwirausaha berbasis ekonomi kreatif ditengah situasi pandemic covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Analisis dilaksanakan secara bertahap yaitu tahap reduksi data, kemudian menyajikan data secara kualitatif, dan melakukan verifikasi terhadap informasi data penelitian. Hasil penelittian menunjukan beberapa alasan responden berminat untuk memiliki usaha yaitu ingin punya usaha sampingan selain pekerjaan yang sudah ada, ingin punya pendapatan sendiri, ingin membantu perekonomian keluarga, ingin mengembangkan potensi diri dan membantu menyediakan lapangan pekerjaan buat orang lain, ingin bebas dan tidak terikat waktu kerja, ingin bebas secara keuangan. Sedangkan usaha yang diminati oleh responden di masa pandemic ini adalah usaha berbasis ekonomi kreatif, antara lain bisnis online (digitalpreneur), usaha kuliner, usaha fashion, kerajinan tangan, percetakan, konten creator, usaha produk kesehatan terutama ramuan herbal dan alat kesehatan yang berhubungan dengan pandemic covid 19 (hand sanitizer, masker, desinfektan, sabun cuci tangan), jasa pendidikan dan toko kelontongan.

Keywords


creative economy, digital economy, entrepreneurial interest, COVID-19 pandemic

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agusmiati, D., & Wahyudin, A. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan, Kepribadian, Dan Motivasi, Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderating. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 878–893. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28317

Aini, Q., & Oktafani, F. (2020). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 151–159. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845

Alma, B. (2013). Kewirausahaan. Alfabeta.

Badan Ekonomi Kreatif. (2018). Rencana Induk Pengembangan Ekonomi Kreatif Nasional Tahun 2018-2025. BEKRAF.

Bahri, S. dan N. T. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Berwirausaha melalui Pendidikan Kewirausahaan pada Siswa SMKN 10 Surabaya. Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(2), 269–281.

Departemen Perdagangan RI. (2008). Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025: Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2009-2015. Departemen Perdagangan RI.

Dewirahmadanirwati. (2020). Strategi Meningkatkan Minat Berwirausaha Di Lingkungan Mahasiswa Masa Pandemi Covid-19. Jurnal JIPS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic), 4(2).

Djamarah, S. . (2011). Psikologi Belajar (Cetakan ke). PT. Rineka Cipta.

Handayani, S., Istiqomah, A., Fauzi, N., & Eva, N. (2021). Peningkatan Young Enterpreneur di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pengelolaan Ekonomi Kreatif. JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 12–22. https://doi.org/https://doi.org/10.31932/jpe.v6i1.1084

Hendro. (2011). Dasar-dasar Kewirausahaan. Penerbit Erlangga.

Howkins, J. (2001). The Creative Economy: How People Make Money From Ideas. Penguin Books Ltd. 80 Strand.

Insana, D. R. M., & Mayndarto, E. C. (2017). Pembangunan Karakter Wirausaha Mahasiswa Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Program Pascasarjana, Universitas Borobudur, 19(3 (Oktober 2017)).

Kasmir. (2013). Kewirausahaan. Rajawal Pers.

Listiawati, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Pemanfaatan Media Sosial terhadap Minat Berwirausaha di Mahasiswa FKIP UNS. JKB, 25(1 (Juni 2020)).

Nurmansyah. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Lancang Kuning. Jurnal Daya Saing, 3(2), 125–134. https://doi.org/https://doi.org/10.35446/dayasaing.v 3i2.96

Prasetio, T. (2020). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Motivasi Intrinsik dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Sekretari Dan Administrasi (Serasi), 18(1 (April 2020)), 35–46.

Rusdiana, H. . (2014). Kewirausahaan Teori dan Praktik (Cetakan 1). Pustaka Setia.

Sari, P. G. P. S., Fadhilah, M., & Maharani, B. D. S. (2021). Membangun Minat Berwirausaha Melalui Motivasi, Pendidikan Kewirausahaan Dan Kepribadian. Jurnal Magisma, IX(2).

Simatupang, T. (2017). Ekonomi Kreatif. Menuju Era Kompetisi dan Persaingan Usaha Ekonomi Gelombang IV. Institut Pertanian Bogor.

Siswadi, Y. (2013). Analisis Faktor Internal, Faktor Eksternal dan Pembelajaran Kewirausahaan Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Berwirausaha. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 13(01 April 2013).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suryana. (2012). Ekonomi Kreatif Ekonomi Baru. Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Penerbit Salemba Empat.

Suryana. (2014). Kewirausahaan: kiat dan proses menuju sukses. Penerbit Salemba Empat.

Wedayanti, N. P. A. A., & Giantari, I. G. A. . (2016). Peran Pendidikan Kewirausahaan dalam Memediasi Pengaruh Norma Subyektif Terhadap Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Unud, 05(01 2016), 533–560.

Wibowo, A. (2011). Pendidikan Kewirausahaan (Cetakan ke). Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v14i1.12058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dwi Rorin Mauludin Insana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.