Aktualisasi Diri Mahasiswa Bimbingan dan Konseling melalui Komunitas Kesehatan Mental

Siti Aminah(1*), Fayruziyah Ifroch Sabtana(2)

(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Kesehatan mental merupakan suatu hal yang yang mendasar dalam mewujudkan kesehatan masyarakat yang menyeluruh dan perlu menjadi perhatian bersama. Mahasiswa bimbingan dan konseling memiliki latar belakang pendidikan yang berkaitan dengan kesehatan mental sehingga memiliki kesempatan yang besar untuk berperan dalam meningkatkan kesehatan mental masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran aktualisasi diri mahasiswa bimbingan dan konseling melalui komunitas kesehatan mental. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Terdapat tiga subjek penelitian yang telah diwawancari secara mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketiga subjek penelitian mampu mengenali, memahami, dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki melalui peran yang subjek jalani di komunitas kesehatan mental. Ketiga subjek merasakan bahwa komunitas yang diikuti memberikan banyak kesempatan kepada subjek untuk menagktualisasikan diri.

Keywords


aktualisasi diri, komunitas kesehatan mental

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Cervone, D., & Pervin, L. A. (2011). Personality: theory and research. John Wiley & Sons.

Fanani, A, C. (2003). Studi tentang Metode Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam dalam Upaya Pengembangan Diri di Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya Periode 2000- 2002 (skripsi, fakultas tarbiyah UIN Sunan Ampel Surabaya), 31

Herdiansyah, H. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Psikologi. Jakarta: Salemba Humanika.

Indrayani,Y,A & Wahyudi, T. (2019). Situasi Kesehatan Jiwa di Indonesia. Pusat Informasi KEMENKES RI

Kelly, C. M., Jorm, A. F., & Wright, A. (2007). Improving Mental Health Literacy As A Strategy To Facilitate Early Intervention For Mental Disorders. Medical Journal of Australia, 187, 26–30. https://doi.org/10.5694/j.1326-5377.2007.tb01332.x

Maslow, A. H. (1994). Motivasi dan Kepribadian jilid I: Teori Motivasi dengan pendekatan Hierarki Kebutuhan Manusia terjemahan dari judul asli Motivation and Personality. Diindonesiakan Nurul Imam. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo

Mendari, A. S. (2010). Aplikasi teori hierarki kebutuhan Maslow dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Widya Warta: Jurnal Ilmiah Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, 34(01), 82-91.

Moloeng, J. Lexy. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ridlo, I. A., & Zein, R. A. (2018). Arah Kebijakan Kesehatan Mental: Tren Global dan Nasional Serta Tantangan Aktual. Buletin Penelitian Kesehatan, 46(1), 45-52. https://doi.org/10.22435/bpk.v46i1.56

Robbinss S. P., (2001) Organizational Behavior (Terjemahan) Jilid 1, Edisi Kedelapan, PT.Bhuana Ilmu Populer, Jakarta.

Robbins, S. P. & Mary, C. (2009). Management(Tenth Edition). Pearson

Education, Inc. New Jersey. (Terjemahan Sabran, B. & Devri B. P. 2010). Manajemen (Edisi Kesepuluh). Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Rohman. (2015). Perbedaan aktualisasi diri mahasiswa ditinjau dari kategori Aktifs dan Non-aktifis (Prosiding Seminar Psikologi dan Kemanusiaan). Malang

Salma. (2019). Dinamika Keluarga dan Komunitas dalam Menyambut Society 5.0. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro

Santrock, J. W. (2007). Remaja (Jilid 2 Edisi Kesebelas). Jakarta: Erlangga.

Soebiantoro, J. (2017). Pengaruh Edukasi Kesehatan Mental Intensif Terhadap Stigma pada Pengguna Layanan Kesehatan Mental. INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental, 2(1), 1-21. https://doi:10.20473/jpkm.v2i12017

Sudirman, A. S. (2003). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Utari, R. (2020). DI RUMAH SAJA dan EKSISTENSI DIRI. Jurnal RASI, 2(2), 59-67.

Wijaya, Y. D. (2019). Kesehatan Mental di Indonesia: Kini dan Nanti. Buletin Jagaddhita, 1(1), 1-4




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v14i1.12048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Siti Aminah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.