Pengaruh Metode Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) University of Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran example non example terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Budhi Warman II Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data pada penelitian berupa tes pilihan ganda yang terdiri dari 25 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t, dan berdasarkan perhitungan uji-t menunjukkan thitung = 4,11 dan ttabel = 1,70 pada taraf signifikansi 5% atau (? = 0,05) dan derajat kebebasan (db = 38) yang berarti thitung > ttabel (4,11 > 1,70), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diberi metode pembelajaran example non example lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diberi metode pembelajaran STAD. Dengan demikian, metode pembelajaran example non example berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.
References
Arsyad, azhar. 2007. Media pembelajaran. Jakarta: PT.Rajagrafindo persada.
Djamarah, dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fajar, Arnie. 2009. Pembelajaran Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Hamruni. 2011. Strategi pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Konstektual Konsep dan Aplikasi. Cetakan Ke-2. Bandung: Refika Aditama
Lestari, W. 2012. Efektifitas Penerapan Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2 (3).
Nasution, MA. 2000. Didaktif Asas-Asas Mengajar. Bandung: Jemmar.
Nurul Astuty. 2010. Penerapan Strategi Pembelajaran ”Keong” untuk Mengoptimalkan Penguasaan Konsep Bilangan Irrasional Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu. Jurnal Exacta, Vol. IX No. 1 Hal. 29-37. JPMIPA FKIP UNIB. Bengkulu.
Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Suhendri, H. 2011. Pengaruh Kecerdasan Matematika Logis dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1 (1) : 29-39.
Sullivan. 2003. Contoh Latar Belakang Matematika. Diunduh dari
http://happyhanps4.blogspot.com/2013/05/contoh-latar-belakang-skripsi-matematika.html pada 05 Januari
Susilo, Joko.2011. Pengaruh Penggunaan Metode Mengajar Examples Non Examples Kelas X Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Pajar Bulan Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Pagaralam.
Refbacks
- There are currently no refbacks.