Efektifitas Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Matematika
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) University of Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik kelas X Adm-Perkantoran SMK Islam Wijaya Kusuma Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data pada penelitian berupa tes pilihan ganda yang terdiri dari 22 butir soal dengan 5 pilihan jawaban. Pengujian persyaratan analisis data terdiri dari uji normalitas dengan uji liliefors dan uji homogenitas dengan uji fisher. Hasil pengujian kedua data tersebut menunjukkan data normal dan homogen. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t, dan hasil uji-t menunjukkan thitung = 2,649 dan ttabel = 2,002 pada taraf signifikansi 5% atau (? = 0,05) dan derajat kebebasan (db = 58) yang berarti thitung> ttabel (2,649 > 2,002), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika yang menggunakan metode pembelajaran Cooperative Script dengan hasil belajar matematika yang menggunakan metode ekspositori. Atau dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Cooperative Script efektif terhadap hasil belajar matematika.
References
Aprianti, R. 2011. Pengaruh Penerapan Metode Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Sma. Skripsi. UNJ.
Ardanariswari, A. P. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Proposal Usaha Siswa Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Kewirausahawan Dengan Metode Cooperative Script Di SMK N 33 Jakarta. Skripsi. UNJ.
Estiana, L. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smpn 104 Jakarta Selatan. Skripsi.Unindra.
Hamid, M. S. 2011. Metode Edutainment. Yogyakarta: Diva Press.
Pujianto. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Cooperative Script Bagi Siswa Kelas Iv Semester 2 Sd Negeri Kambangan 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2011/2012.Http://Repository.Uksw..Edu/Handle/123456789/2141. 9 Juni 2015.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suhendri, H. & Tuti, M. 2013. Pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemandirian belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA,3 (2): 105-114.
Supardi, U.S. 2008.Pengaruh bentuk tes formatif dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika. Faktor Exacta, 1 (2). Http://Isjd.Pdii.Lipi.Go.Id/Admin/Jurnal/12081432.Pdf.
Suprijono, A. 2013.Cooperative Learning Teoridan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustakapelajar.
Susanto, A. 2013.Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Syah, M. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Pt. Raja Grafindopersada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.