Implementasi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dengan Pendekatan Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) University of Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi pembelajaran everyone is a teacher here dengan pendekatan problem posing terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik kelas X MIA SMA Cengkareng 1. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain one shot case study dengan dua variabel, yaitu pembelajaran everyone is a teacher here dengan pendekatan problem posing dan hasil belajar matematika. Instrumen pengumpulkan data pada penelitian berupa tes pilihan ganda yang terdiri dari 26 butir soal dengan 5 pilihan jawaban. Pengujian persyaratan analisis data terdiri dari uji normalitas dengan uji lilliefors dan uji homogenitas dengan uji fisher. Hasil pengujian kedua data tersebut menunjukkan data normal dan homogen. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t, dan berdasarkan perhitungan uji-t menunjukkan thitung = 2,99 dan ttabel = 1,69 pada taraf signifikansi 5% atau (a = 0,05) dan derajat kebebasan (db = 38) yang berarti thitung > ttabel (2,99 > 1,69), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika yang menggunakan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan pendekatan problem posing dengan hasil belajar matematika yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh implementasi strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan pendekatan problem posing terhadap hasil belajar matematika.
References
Anitah, S dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas terbuka.
Gunawan, H. 2014. Mindset Siswa Sukses. Jakarta: Sinotif Publishing.
Hilali, H. 2012. Pengelolaan kelas dan implikasinya dalam pengembangan rancangan pelaksanaan pembelajaran. Edu-Math, 3 (1): 53-63.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Imswatama, A dkk. 2013. Eksperimentasi metode pembelajaran problem posing dengan pendekatan CTL pada materi bangun datar ditinjau dari tingkat intelegensi siswa kelas VII SMP Negeri Se-Kabupaten Purwerejo Tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pembelajaran Matematika Universitas Sebelas Maret, 1 (6): 549-559.
Irwan. 2011. Pengaruh pendekatan problem posing model Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dalam upaya meningkatkan kemampuan penalaran matematis mahasiswa matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12 (1): 1-13.
Jihad, A dan Haris, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Murni, dkk. 2010. Penerapan metode belajar aktif tipe Group to Group Exchange (GGE) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X IPS 1 MAN 2 model Pekanbaru. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(2): 1-10.
Pratomo. 2011. Hasil belajar biologi ranah kognitif ditinjau dari model everyone is a teacher here dan minat belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Sebelas Maret. 1(5): 25-36.
Silberman,M.L. 2013. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendikia.
Sintawati, M dan Abdurrahman, G. 2013. Menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar matematika melalui pendekatan problem posing. Prosiding penguatan peran matematika dan pendidikan matematika untuk Indonesia yang lebih baik. Yogyakarta, 9 November.
Suhendra. 2008. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sukardjono. 2011. Hakikat dan Sejarah Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Supardi U.S. 2013. Hasil belajar matematika siswa ditinjau dari interaksi tes formatif uraian dan kecerdasan emosional. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3 (2): 78-96.
Suprijono, A. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Winarni, S. 2014. Peranan cooperative learning dalam pembelajaran matematika pada kurikulum 2013. Edumatica, 4 (1): 16-22
Winihati, I dkk. 2014. Pengaruh model problem posing setting kooperatif terhadap prestasi dan minat belajar matematika siswa kelas X SMA di Kabupaten Marauke ditinjau dari gaya kognitif siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2 (4): 337-350.
Zaini, H. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Refbacks
- There are currently no refbacks.