Pengaruh Metode Pembelajaran TPS (Think Pair Share) Terhadap Hasil Belajar Matematika
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) University of Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
References
Ahmadi, Iif K dan Amri, Sofan. 2010. Proses Pembelajaran Inovatif dan Kreatif Dalam Kelas. Jakarta: PT. Prestasi Pustkaraya.
Asmani, Jamal M. 2011. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, Dan Inovatif. Yogyakarta: Diva Press (Anggota IKAPI).
Dimyati dan Moedjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hartati. 2013. Pengaruh gaya belajar dan sikap siswa pada pelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3 (3): 224-235.
Hany, Nony. 2013. Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray. Diakses dari http://rohaeni11.blogspot.com/2013/03/metode-pembelajaran-two-stay-two-stray.html. Diakses pada tanggal 3 april pukul 12:32
Iriani, Sri Niati.2012. Peningkatan Hasil Belajar MatematikaMateri Luas Permukaan Dan Volume Prisma Dan Limas Melalui Penerapan Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Siswa Kelas VII H SMP.Negeri 4 Surakarta Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011. Diakses dari http://icl.googleusercontent.com/?lite_url=http:/widyasari-press.com/index.php?option%3Dcom-Content%26viem%3Darticle%26id%3D67:cooperative-learning-think-pair-share%26catid%3D25:jurnal-2012%26ltemid%3D2&ei=zQuw_kOd&lc=id-ID&s=1. Diunduh Mei 26 2015 pukul 13.00
Isjoni.2011.Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Leonard dan Rosita, I. 2013. Meningkatkan kerja sama siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1): 1-10.
Liberna dan Wiratomo.2011.Metode Pembelajaran Matematika.Jakarta: Unindra Press
Lie, Anita. 2014.Cooperative Learning - Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT.Grasindo.
Lutfiyatun, dkk.2012. Implementasi Metode Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Power Point Pada Pembelajaran Kewirausahaan Pokok Bahasan Proposal Usaha Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal. Jurusan Pendidikan Ekonomi FE, UNS. Semarang
Napitulu, Ester L.2012. Prestasi Sains dan Matematika Indonesia Menurun.http://icl.googleusercontent.com/?lite_url=http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/14/0905434/Prestasi.Sains.dan.Matematika.Indonesia.Menurun&ei=yNQ0I9pn&Ic=id-ID&s=1 , diakses pada tanggal 20 November 2014 pukul 16:30.
Sanjaya, Wina.2010.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Kencana.
Sa’dijah, Cholis. 2006. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share TPS. Malang: Lembaga Penelitian UM.
Suhendri, H. dan Mardalena. 2013. Pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemandirian belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2): 105-114
Suhendri, H. 2013. Penerapan model pembelajaran konstruktif berbasis penemuan terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3): 177-183.
Supardi. 2013. Hasil belajar matematika siswa ditinjau dari intreraksi tes formatif uraian dan kecerdasan emosional. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2): 78-96.
Thobroni.2015.Belajar & Pembelajaran Teori Dan Pratik.Yogyakarta: PT.Ar-Ruzz Media
UU.No.20 tahun 2003 tentang Sidiknas .
UU.No.20.tahun 2003 tentang Sidiknas Pasal 40 ayat (1) dan (2).
UU.No.20 tahun 2003 tentang Sisdiknas Pasal 31 ayat (1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.