LPPM UNINDRA


UNINDRA


Open Journal Systems




Journal Help
User
Notifications
  • View
  • Subscribe
Journal Content

Browse
  • By Issue
  • By Author
  • By Title
  • Other Journals
Font Size

  • Home
  • About
  • Login
  • Register
  • Search
  • Current
  • Archives
Home > Vol 1, No 1 (2017) > Khotimah

Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Matematika

Husnul Khotimah(1), Leonard Leonard(2*)

(1) Alumni Program Studi Pendidikan Matematika - Universitas Indraprasta PGRI
(2) Program Studi Pendidikan Matematika - Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujaun untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching dengan metode diskusi terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen pada siswa kelas VIII di MTs Negeri 17 Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil dua kelas sampel yaitu, kelas eksperimen dengan jumlah anggota kelas 20 siswa dan kelas control dengan anggota kelas 20 siswa. Adapun kelas sampel diambil dua kelas dari empat kelas paralelyang penentuannya dilakukan secara acak (random class sample). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik tes dalam bentuk soal essay yang telah divalidasi secara empiris. Analisis data menggunakan uji t, dengan terlebih dahulu menguji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran quantum teaching dengan metode diskusi terhadap hasil belajar matematika.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ala, Miftahul. (2010). Quantum Teaching (Buku Pintar dan Praktis). Yogyakarta: Diva Press.

Amaliah, Dini. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Unindra Press.

Deporter, Dkk. (2010). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang Ruang Kelas. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Hamzah B. (2008). Teori Motivasi dan Ukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sadirman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.

Trianto. (2007). Model Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Astuti, Anggraini dan Leonard. (2012). Peran kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Formatif , 2(2).

B. O. Abdu Raheem. (2011). Effects of discussion method on secondary school student achievement and retention in social studies. European Journal of Educational Studies 3(2). 293 301.

Irma Suryani, Dkk. (2014). Increasing knowledge of the earthquake preparedness though quantum teaching model of state primary school 19 Banda Aceh. The International Journal Of Social Sciences (19)1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.