LPPM UNINDRA


UNINDRA


Open Journal Systems




Journal Help
User
Notifications
  • View
  • Subscribe
Journal Content

Browse
  • By Issue
  • By Author
  • By Title
  • Other Journals
Font Size

  • Home
  • About
  • Login
  • Register
  • Search
  • Current
  • Archives
Home > Vol 1, No 1 (2017) > Virgana

Persepsi Mahasiswa pada Profesionalisme Dosen, Minat Belajar, dan Pemahaman Konsep Diferensial

Virgana Virgana(1*)

(1) Program Studi Pendidikan Matematika - Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik kausal, dimana data dianalisis dengan analisis jalur (path analysis). Selanjutnya dilakukan analisis pengaruh satu variabel terhadap variabel yang lain,variabel yang dikaji terdiri dari dua macam, yakni: variabel eksogen dan variabel endogen. Variabel eksogen memberikan pengaruh baik langsung maupun tak langsung terhadap variabel endogen. Sedangkan variabel endogen adalah variabel yang dapat mempengaruhi variabel endogen, dari sampel sebanyak 100 orang mahasiswa Unindra semester III tahun 2016/17. Berdasarkan analisis hasil penelitian, terdapat: 1) pengaruh langsung persepsi mahasiswa pada kompetensi dosen terhadap minat belajar ; 2) pengaruh langsung kompetensi dosen terhadap pemahaman konsep diferensial, 3) pengaruh langsung minat belajar terhadap pemahaman konsep diferensial, dan 4) pengaruh tidak langsungpersepsi mahasiswa pada kompetensi dosen terhadap pemahaman konsep diferensial.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Belly, Tilya dkk. (2006). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi: Padang.

Boediono. (2009). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

Darajat, Zakiah dkk. (2007). Metode Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gibson dan Donaly. 2004. Membiasakan Belajar Nyaman. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kurniawan. (2006). Siap Juara Olimpiade Matematika SMP. Jakarta: Erlangga.

Mardapi dan Ghofur, A. (2004). Pedoman Umum Pengembangan Penilaian, Kurikulum Berbasis Kompetensi SMA. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Muhibbin, Syah. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya

Nasution, S. (2005). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Orlich, C. Donald. (2007). Teaching Strategies.a Guide to Better Instruction. Toronnto: D.C. Heath Company.

Rakhmat, Jalaludin. (2003). Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Ruch. (2002). Penelitian Prestasi Belajar ,Bandung Remaja Rosda Karya

Slameto. (2003). Belajar Dan Factor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta; Rineka Cipta

Sadijah, C. (2006). Pengembangan Pembelajaran Matematika Beracuan konstruktivis. Surabaya: Jurnal Math Edu Program Pascasarjana UNESA.

Suherman, Eman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung UPI.

Undang-undang, Republik Indonesia, Nomor 14 Tahun 2005, tetang Guru dan Dosen

Virgana. (2015). Hasil belajar integral ditinjau dari metode belajar dan minat belajar. Jurnal Faktor, 2 (1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.