LPPM UNINDRA


UNINDRA


Open Journal Systems




Journal Help
User
Notifications
  • View
  • Subscribe
Journal Content

Browse
  • By Issue
  • By Author
  • By Title
  • Other Journals
Font Size

  • Home
  • About
  • Login
  • Register
  • Search
  • Current
  • Archives
Home > Vol 1, No 1 (2017) > Nurmantoro

Pengaruh Kemampuan Awal, Kecerdasan Emosi dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Muh. Aripin Nurmantoro(1*)

(1) Program Studi Pendidikan Matematika & IPA - Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung kemampuan awal, kecerdasan emosi dan motivasi belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMA Negeri di Kabupaten Indramayu. Penelitian dilakukan dengan metode survei, adapun jumlah sampel 60 (enam puluh) orang yang diambil menggunakan teknik Multi Stage Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dan hasil tes matematika siswa. Data diolah dengan bantuan SPSS 20, Microsoft Excel dan Aplikasi Structural Equation Model (SEM) dengan program Linear Structural Relations (Lisrel) 8.80 dan dianalisis dengan menggunakan metode analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh simpulan (1) Terdapat pengaruh langsung kemampuan awal terhadap kemampuan komunikasi matematis; (2) Terdapat pengaruh langsung kecerdasan emosi terhadap kemampuan komunikasi matematis; (3) Terdapat pengaruh langsung motivasi belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis; (4) Terdapat pengaruh langsung kemampuan awal terhadap motivasi belajar; (5) Terdapat pengaruh langsung kemampuan awal terhadap kecerdasan emosi; (6) Terdapat pengaruh langsung kecerdasan emosi terhadap motivasi belajar; (7) Tidak terdapat pengaruh tidak langsung kemampuan awal terhadap motivasi belajar melalui kecerdasan emosi; (8) Tidak terdapat pengaruh tidak langsung kemampuan awal terhadap kemampuan komunikasi matematis melalui kecerdasan emosi; (9) Tidak terdapat pengaruh tidak langsung kemampuan awal terhadap kemampuan komunikasi matematis melalui motivasi belajar; dan (10) Tidak terdapat pengaruh tidak langsung kemampuan awal terhadap kemampuan komunikasi matematis melalui kecerdasan emosi, dan motivasi belajar.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abin Syamsuddin Makmun. (2009). Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Agus Efendi. (2005). Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfa beta.

Armiati. (2011). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis, Komunikasi Matematis dan Kecerdasan Emosional Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Disertasi pada PPs UPI Bandung: Tidak terbit.

E.T. Ruseffendi. (2006). Pengantar Kepada Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Fabiola Meirnawati Trihandini. (2005). Analisis Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan. Tesis pada Universitas Diponegoro. Semarang: Tidak terbit.

Ghullam Handu dan Lisa Agustina. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ipa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12 (1), April 2011. http: //jurnal.upi.edu/file/8-Ghullam_Hamdu.pdf (Diakses 21 April 2016).

Hamzah B. Uno. (2010). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Iman Firmansyah. (2010.) Pengaruh Tingkat Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Triguna Utama Ciputat. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Mila Lishowabi. (2013, March 14). Motivasi Dalam Belajar. Edukasi Kompasiana http: //www.kompasiana.com/mila-wahib.blogspot.com/ motivasi-dalam-belajar_55204e39a33311b54646cdd4 (Diakses 27 Juni 2016).

Murip Yahya. (2009). Pengantar Pendidikan. Bandung: Prospect.

Ngainun Naim. (2011). Dasar-dasar Komunikasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Oemar Hamalik. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Pentatito G. (2008). Efektivitas Pendekatan Realistik dalam Menyelesaikan Soal Cerita dan Sikap Terhadap Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. Tesis pada Universitas Sebelas Maret. Surakarta: Tidak terbit.

Robertus Margana. (2010). Eksperimentasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas X SMA Negeri Di Surakarta Tahun Pelajaran 2009-2010. Tesis pada Universitas Sebelas Maret. Surakarta: Tidak terbit.

Sahat Saragih dan Rahmiyana. (2013). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa sma/ma di kecamatan Simpang Ulim melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19 (2). http: //sippendidikan.kemdikbud. go.id/bacaonline/rd/320(Diakses 18 Juni 2016).

Sugiyono. (2011). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supardi US. (2011). Intensitas penilaian formatif dalam pembelajaran kalkulus dengan mengendalikan kemampuan awal mahasiswa. Jurnal Formatif, 1(1): 1-16. http: //portal.kopertis3.or.id/bitstream/ 123456789/695/1/Supardi%20U.S..pdf.(Diakses 27 April 2016).

Supardi US. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Edisi Revisi. Jakarta: Change Publication.

Triantoro S. dan Nofrans E.S. (2012). Manajemen Emosi. Jakarta: Bumi Aksara.

Yani Ramdani. (2012). Pengembangan instrumen dan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, penalaran, dan koneksi matematis dalam konsep integral. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13 (1). http: //jurnal.upi.edu/file/6-yani_ramdhana-edi.pdf. (Diakses 29 Juni 2016).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.