Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Kelas II
(1) Program Studi Pendidikan Matematika - Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan suatu desain pembelajaran matematika di kelas II Sekolah Dasar yang inovatif dan menarik. Desain pembelajaran ini dibuat berdasarkan hasil analisis kebutuhan terhadap kompetensi matematika yang seharusnya dimiliki oleh lulusan SD kelas 2 sebagai kompetensi awal untuk melanjutkan pelajaran matematika di kelas 3 dan karakteristik awal peserta didik agar sesuai dengan desain pembelajaran yang diberikan. Alat pengumpul data berupa angket untuk guru dan peserta didik. Penelitian mengacu pada Model Pengembangan Instruksional (MPI). Penelitian ini terdiri dari beberapa langkah, yaitu: (1) mengidentifikasi kebutuhan dan menulis tujuan instruksional, (2) melakukan analisis instruksional, (3) mengidentifikasi perilaku dan karakter awal peserta didik, (4) menulis tujuan instruksional khusus, (5) menyusun alat penilaian hasil belajar, (6) menyusun strategi instruksional, (7) mengembangkan bahan instruksional, (8) menyusun desain dan melaksanakan evaluasi formatif. Temuan penelitian yaitu dihasilkan suatu desain pembelajaran yang komprehensif sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika peserta didik SD kelas 2.
Full Text:
PDF (Indonesian)Refbacks
- There are currently no refbacks.