Pengaruh Adversity Quotient dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Matematika
(1) Program Studi Pendidikan Matematika - Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Agustian, A. G. (2001). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ: Emotional Quotient Berdasarkan Enam Rukun Iman dan Lima Rukun Islam. Jakarta: Arga.
Apriani, N. N. D. (2012). Penerapan model pembelajaran IMPROVE pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 1 (4): 811-822 (http: //www. pti-undiksha. com/karmapati/vol1no4/ 32. pdf) diunduh 28 Agustus 2013 pukul 10. 30.
Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
De Bono, E. (1992). Mengajar Berpikir. Jakarta: Erlangga.
Ekasari, A. dan Hafizhoh,. (2009). Hubungan antara adversity quotient dan dukungan sosial dengan intensi untuk pulih dari ketergantungan narkotika alkohol psikotropika dan zat adiktif (napza) pada penderita di wilayah Bekasi Utara lembaga kasih Indonesia. Jurnal Soul, 2 (2): 108-136. Diunduh http: //www. ejournal-unisma. net/ojs/index. php/soul/article/view/606/551 07/04/2013 19: 07.
Fakhruddin, A. U. (2009). Bertanyalah, bertanyalah. Yogyakarta: Gara Ilmu.
Fauziyah, dkk. (2013). Proses berpikir kreatif siswa kelas x dalam memecahkan masalah geometri berdasarkan tahapan wallas ditinjau dari adversity quotient (aq) siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi, 1 (1). (http: //jurnal. fkip. uns. ac. id/index. php/ matematika/article/viewFile/676/1083) Diunduh 10 april 2013.
Greendberg, J, et al. (2000). Behavior in Organizations. New Jersey: Prentice Hall.
Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Hans, J. Z. A. (2006). Strategi Pengembangan Diri. Jakarta: Personal Development Training.
Hassoubah, Z. I. (2008). Mengasah Pikiran Kreatif dan Kritis. Nuansa: Bandung.
Leonard dan Kusumaningsih, K. D. (2009). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) terhadap peningkatan hasil belajar biologi pada konsep sistem pencernaan manusia. Jurnal Faktor Exacta, 2(1): 83-98.
Leonard. (2013). Peran kemampuan berpikir lateral dan positif terhadap prestasi belajar evaluasi pendidikan. Cakrawala Pendidikan 32(1): 54-63.
Leonard. (2012). Level of appreciation, self concept and positive thinking on mathematics learning achievement. The International Journal of Social Sciences, 6 (1): 10-17.
Madhi, J. (2009). Kreatif Berpikir. Surakarta: Ziyad Visi Media.
Molan, B. (2012). Logika dan Ilmu Seni Berpikir Kritis. Jakarta: PT Indeks.
Moore and Parker. (2009). Critical Thinking. New York: Mc Graw-Hill Companies.
Nasution, A. H. (1980). Landasan Matematika. Jakarta: Bhratara Karya Aksara.
Pranandari, K. (2008). Kecerdasan adversitas ditinjau dari pengatasan masalah berbasis permasalahan dan emosi pada orang tua tunggal wanita. Jurnal Psikologi, 1 (2): 128-121. Diunduh http: //ejournal. gunadarma. ac. id/index. php /psiko/article/view/287/231 31/03/2013 8: 27
Rahastyana, P. F. dan Rahmah, L. (2007). Kewirausahaan dalam kaitannya dengan adversity quotient dan emotional quotient. Jurnal Proyeksi, 5 (1): 52-64. Diunduh http: //fpsi. unissula. ac. id/index. php?option= comcontent& 31/03/2013 8: 06
Sagitasari, D. (2010). Hubungan Kreativitas dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP. Yogyakarta: UNY. Diunduh http: //eprints. uny. ac. id/1618/1/FINAL. pdf 21/01/2012 12: 04.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sarwi dan Khanafiyah. (2010). Pengembangan alat peraga gaya gesek untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6 (1): 128-132. Diunduh 07/10/2012 12: 43 (journal. unnes. ac. id/nju/index. php/JPFI/article/download/1125/1045?)
Subini, N. (2011). Rahasia Gaya Belajar Orang Besar. Jakarta: Javalitera.
Suriasumantri, J. S. (2005). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Sutarmo, S. V. (2012). Otak dan Beberapa Fungsinya. Jakarta: Fakultas Kedokteran UI.
Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syahbana, A. (2012). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp melalui pendekatan contextual teaching and learning. Edumatica, 2 (1): 45-57. Diunduh 11/1/2013 pukul 20. 31 (http: //online-journal. unja. ac. id/index. php/edumatica/article/view/604 )
Wijaya, T. (2007). Hubungan adversity intelligence dengan intensi berwirausaha (studi empiris pada siswa SMKN 7 Yogyakarta). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 9 (2): 117-127. Diunduh http: //www. petra. ac. id/ ~puslit/journals/dir. php?DepartmentID=MAN 01/04/2013 11: 28.
Winkel, W. S. (1999). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Raja Grasindo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.