Upaya Peningkatan Kesadaran Masyarakat terhadap Pendidikan Berbasis Ajaran Tamansiswa

Andhi Dwi Nugroho(1*), Adria Vitalya Gemilang(2), Dita Surwanti(3), Titi Lestari(4), Rini Eka Sari(5)

(1) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(2) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(3) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(4) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(5) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu hal yang perlu manusia raih dan dapatkan selama hidupnya karena pendidikan akan lekat dengan manusia selama manusia tersebut bernafas. Dengan pendidikan, manusia akan menjadi manusia seutuhnya karena mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk hidupnya. Oleh sebab itu, di dalam ajaran-ajaran Tamansiswa ada beberapa ajaran-ajaran untuk membantu dan memberikan pengertian dalam dunia pendidikan seperti Tripusat Pendidikan, Sistem Among, dan Trilogi Kepemimpinan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan suatu upaya dalam mengenalkan pendidikan dan ajaran-ajaran Ki Hadjar Dewantara yaitu dalam Pendidikan Tamansiswa. Metode yang digunakan adalah ceramah dan diskusi yang berdasar pada tinjauan pustaka dan referensi dalam mencari pokok materi dan menjabarkannya. Hasil yang didapatkan adalah masyarakat menerapkan ajaran-ajaran Tamansiswa dalam lingkungan masyarakat. Dengan menerapkan ajaran-ajaran Tamansiswa, masyarakat terutama orang tua tahu bagaimana mendidik dan membimbing anak dalam belajar. Jadi, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat berdampak kepada meningkatnya kearifan orangtua maupun guru dalam mendidik.


Keywords


Tamansiswa, Tripusat Pendidikan, Sistem Among, Trilogi Kepemimpinan

Full Text:

PDF

References


Elida, E. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar PKN siswa Kelas IX.7 SMP 21 Kota Pekanbaru Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together. Dinamisia, 2(1), 135-143.

Ermini, E., Suryati, S., Disurya, R., Husnulwati, S., Sardana, L., Wahyuningsih, S., Najib, M. (2022). Membangun Karakter Peserta Didik melalui Penanaman dan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal PkM, 5(2), 236-242.

Kemendikbud, I. (2019). Pendidikan Karakter di Sekolah. https://itjen.kemdikbud.go.id/public/post/detail/5-pendidikan-karakter-di-sekolah

Ketamansiswaan, T. D. (2014). Materi Kuliah Ketamansiswaan. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Mujiono. (2019). Implementasi Sistem Among Pada Pembelajaran Matematika Untuk Membangun Karakter Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Universitas Sanata Dharma.

Muzakir. (2017). Harmonisasi Tri Pusat Pendidikan Dalam Pengembanagn Pendidikan Islam. Jurnal Al-Ta’dib, Vol.10.

Nisa, Ana., & H. (2015). Implementasi Ajaran Ki Hadjar Dewantara Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Membangun Sikap Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Nugraheni, M. (2019). Hasil PISA, Hasil Membaca dan Sains Anak Indonesia Sangat Rendah. https://parenting.dream.co.id/ibu-dan-anak/hasil-pisa-skor-membaca-dan-sains-anak-indonesia-sangat-rendah-191205t.html

Prameswari, J., Y., & Susanti, D., I. (2021). Pola Asuh Orang Tua dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Informasi dan di Era Digital. Jurnal PkM, 4(4), 336-345.

Radiusman, R., Erfan, M., Sutisna, D., Syazali, M., Sobri, M. (2020). Pendampingan Pendidikan Karakter Mahasiswa HMPS PGSD Universitas Mataram dalam Kegiatan Kemah Bakti Masyarakat. Dinamisia, 4(2), 339-345.

Sujana. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Pendidikan Dasar, 31.

Sutjipto. (2011). Rintisan Pengembangan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17.

Wahyuningsih, S., Dewi, Nurul., & Hafidah, R. (2018). Implementation of Among System A3 ( Asah, Asih, Asuh) in Planting The Value of Characters in Early Childhood. Social Humanities and Education Studies: Conference Series, 1.

Wangdid, M. N. (2009). ISTEM AMONG PADA MASA KINI: KAJIAN KONSEP DAN PRAKTIK PENDIDIKAN. JURNAL KEPENDIDIKAN, 39, 129–140.

Wulan, R., Saputra, S., & Bachtiar, Y. (2021). Formulasi Hybryd Model Pembelajaran Virtual dalam Masa Transisi Menuju New Normal Pandemi Covid 19. Jurnal PkM, 4(2), 594-601.

Yasir, M., Susilawati, S. (2021). Pendidikan Karakter pada Generasi Alpha: Tanggung Jawab, Disiplin, dan Kerja Keras. Jurnal PkM, 4(3), 309-317.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i2.9952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.