Pelatihan Evaluasi Online Berbasis Gamifikasi dengan Typeform dan Proprofs di SDN Sadagori I Cirebon

Irmawati Liliana Kusuma Dewi(1), setiyani setiyani(2*), Dina Pratiwi Dwi Santi(3), Apri Dwi Astuti(4), Try Suprayo(5), Jaufillaili Jaufillaili(6)

(1) Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
(2) Pendidikan Matematika
(3) Universitas Swadaya Gunung Jati
(4) Universitas Swadaya Gunung Jati
(5) MTs. Husnul Khotimah Kuningan
(6) Universitas Swadaya Gunung Jati
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada sekolah mitra permasalahan yang terjadi adalah menurunnya partisipasi aktif siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan secara online. Sejauh ini aplikasi yang sering digunakan guru adalah google form. Namun, penggunaan aplikasi ini cenderung kurang menarik dan monoton. Oleh karena itu, tujuan kegiatan PKM ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dengan pelatihan pembuatan kuis online dengan Typeform dan Propofs. Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah tanya jawab, ceramah, dan demonstrasi. PKM ini terdiri dari tiga tahap yaitu observasi, solusi permasalahan, dan evaluasi. Dari hasil kegiatan pengabdian, kemampuan guru dalam membuat kuis online typeform dan proprofs meningkat 100%. Guru pemula yang belum pernah menggunakan atau mengetahui aplikasi typeform dan proprofs dengan mudah membuat dan mempublish kuisnya di google classroom. Keterlibatan tutor dalam setiap kelompok sangat membantu guru dalam melakukan praktik membuat kuis menggunakan typeform dan proprofs. Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan dan berharap pelatihan ini akan berlanjut dengan topik-topik yang dibutuhkan oleh guru.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Buchori, A., Rahmawati, N. D., Prasetyowati, D., Menariati, I., & Setiawan, A. (2021). Pelatihan Multimedia Interaktif Bagi Guru Guru SMP Negeri 1 Karangawen Demak. Journal of Dedicators Community, 5(1), 30–36.

Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(6), 9508–9516.

Lawrence, A. S. A., Dhilip, S., & Preethi, V. (2021). e-learning of children during covid-19 pandemic: parents perspective. E-LEARNING, 7(9).

Nasir, M. K. M., & Ngah, A. H. (2022). The sustainability of a Community of Inquiry in online course satisfaction in virtual learning environments in higher education. Sustainability, 14(15), 9633.

Nissa, S. F., & Haryanto, A. (2020). Implementasi pembelajaran tatap muka di masa pandemi covid-19. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 8(2), 402–409.

Patil, S. (2023). TEACHING AND LEARNING AIDS FOR BLENDED LEARNING. The Online Journal of Distance Education and E-Learning, 11(2).

Reyes-Chua, E., Sibbaluca, B. G., Miranda, R. D., Palmario, G. B., Moreno, R. P., & Solon, J. P. T. (2020). The status of the implementation of the e-learning classroom in selected higher education institutions in region IV-A amidst the covid-19 crisis. Journal of Critical Reviews, 7(11), 253–258.

Rohmah, B. N., & Sumarsih, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukatif Fun Spreadsheet Quiz Berbasis Adobe Flash CS6 Pada Mata Pelajaran Spreadsheet Kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(4).

Sitompul, N. C., Leksono, I. P., & Rejeki, H. W. (2021). Perancangan Blog Guru untuk Penyediaan Bahan Ajar di Era Pembelajaran Abad 21. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 320–329.

Ummah, S. K., & Azmi, R. D. (2020). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Teknologi Informatika dengan Bercirikan Joyful Learning. Publikasi Pendidikan: Jurnal Pemikiran, Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 10(2), 93–99.

Wahyuni, E., Hidayati, D., & Romanto, R. (2022). Kesiapan Guru terhadap Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11238–11247.

Zuhriyah, S., & Pratolo, B. W. (2020). Exploring Students’ Views in theUse of Quizizz as an Assessment Tool in English as a Foreign Language (EFL) Class. Universal Journal of Educational Research, 8(11), 5312–5317.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i4.9306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.