Penerapan Metode Belajar Daring pada Warga Rt 002/02 Tegal Parang di Masa Pandemi Covid-19

Ahmad Al Kaafi(1*), Suparni Suparni(2), Ari Abdilah(3), Siti Khotimatul Wildah(4), Ikrom Mauludin Salam(5), Sanggayasa Sanggayasa(6)

(1) 
(2) Universitas Bina Sarana Informatika
(3) Universitas Bina Sarana Informatika
(4) Universitas Bina Sarana Informatika
(5) Universitas Bina Sarana Informatika
(6) Universitas Bina Sarana Informatika
(*) Corresponding Author

Abstract


Dunia telah memasuki era globalisasi yang diawali dengan persaingan pengembangan dan penerapan teknologi baru di negara-negara maju. Dengan kondisi saat ini, sebagian besar pendidikan di Indonesia  masih didominasi oleh model pendidikan online. Oleh karena itu, untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan, teknologi informasi dan komunikasi harus dimanfaatkan secara optimal. Salah satu  pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan adalah munculnya konsep e-learning yang mempengaruhi transformasi pendidikan tradisional ke dalam format digital. Hal ini tidak terlepas dari Rukun Tetangga (RT) 002/02 Kecamatan Tegal Parang, Jakarta Selatan, dimana kondisi pandemi saat ini memaksanya untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring (daring) dan pengetahuannya tentang penerapan beberapa program ke sel. memperluas ponsel atau laptop. Untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, banyak warga siswa yang  hanya mengandalkan chat (WhatsApp) untuk berkomunikasi dengan pihak sekolah atau mengirim video dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan praktis

Keywords


Pembelajaran, Daring, Youtube, Pandemi.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agung Mahardini, M. M. (2020). Analisis Situasi Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Daring Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 215. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.3102

Allgaier, J. (2020). Science and Medicine on YouTube. Second International Handbook of Internet Research, 7–27. https://doi.org/10.1007/978-94-024-1555-1_1

Helianthusonfri, J. (2016). YouTube Marketing - Panduan Praktis dan Lengkap Belajar Pemasaran Lewat YouTube-. Retrieved March 23, 2021, from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=OCxIDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Youtube+adalah&ots=juas_kr_4L&sig=48T_z2EauJBAoBh50ACF4N9k_hA&redir_esc=y

Ishaq, A., Nugraheni, H., Al Kaafi, A., Rahmawati, E., Iriadi, N., & Sumbaryadi, A. (2020). Perancangan Sistem Pakar Penyakit Gigi Menggunakan Metode Forward Chaining Pada Klinik Pratama Condet. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 22(1), 25–32. https://doi.org/10.31294/p.v22i1.6661

Kaafi, A. Al, Azmi, R., Nurelasari, E., & Widiastuti, L. (2020). Implementasi Sistem Informasi Rekam Medis Pada Laboratorium Klinik MediCall dengan Penerapan Incremental Model. Journal Speed, 12(3), 17–22. Retrieved from http://speed.web.id/jurnal/index.php/speed/article/view/650

Kaafi, A. Al, & Surniandari, A. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Pelayanan Pembuatan NPWP Baru di Wilayah DKI Jakarta. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 163–168. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta

Kebudayaan, P. D. I. dan T. K. P. dan. (n.d.). Panduan Belajar Dari Rumah Dengan Memanfaatkan Rumah Belajar. Retrieved March 2, 2021, from https://belajar.kemdikbud.go.id/bdr/assets/file/Panduan Pemanfaatan Rumah Belajar untuk BDR dengan menerapkan Model Pembelajaran Inovatif.pdf

Kebudayaan, P. T. I. D. K. D., & RI, K. P. D. K. (Kemendikbud). (n.d.). Pedoman Pemanfaatan Portal Rumah Belajar. Retrieved March 2, 2021, from http://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/uploads/tipe_pelatihan/80c2c010011b10ce0aa1e51a76bbfbd1.pdf

Ketut Sudarsana, I., Bagus Made Anggara Putra, I., Nyoman Temon Astawa, I., & Wayan Lali Yogantara, I. (2019). The use of Google classroom in the learning process. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012165

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.

Saryoko, A., Sari, R., Rianto, V., & Rosyida, S. (2020). Pemanfaatan IPTEK Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Untuk Masyarakat Pela Mampang Di Masa Pandemi. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 304–310. https://doi.org/10.35568/abdimas.v3i2.920




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i4.9304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.