UPAYA MENGIDENTIFIKASI DAN MEREDUKSI DAMPAK PANDEMI COVID 19 PADA PERKEMBANGAN SOSIAL REMAJA

Sri Utami(1*), Anna Rufaidah(2), Afiatin Nisa(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Anak sebagai individu yang secara bertahap berkembang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang signifikan di dalam fase remaja. Perkembangan sosial remaja dapat diartikan sebagai perolehan kemampuan remaja dalam berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial yang merupakan pencapaian kematangan dalam hubungan sosial, baik itu dalam tatanan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Aspek perkembangan sosial menjadi salah satu tugas perkembangan yang dominan pada masa remaja. pandemi Covid 19 turut mempengaruhi bagaimana cara remaja dalam berinteraksi dan bersosialisasi dimana keduanya menjadi sangat terbatasi dan mengandalkan peran teknologi yang juga memiliki keterbatasan dan kekurangan. Kehidupan “new normal” yang harus dijalankan sebagai upaya meminimalisir bertambah luasnya penyebaran Covid 19 turut menjadi tantangan tersendiri bagi remaja di dalam menyiasati dan menyikapi kendala ini. Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok menjadi salah satu alternatif cara yag dapat membantu para remaja untuk mengembangkan kemampuan dalam bersosialisasi dan berinteraksi.


Keywords


Pandemi Covid 19, Perkembangan Sosial Remaja.

Full Text:

PDF

References


BKKBN. (1992) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1992. Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Sejahtera. Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional.PP IKI. 2016. Spektrum Kinerja dan Kode Etik Profesional Konselor Indonesia.

Prayitno. 2014. Pembelajaran melalui pelayanan BK di satuan Pendidikan. Yogyakarta: Paramitra Publishing

______. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: UNP

Prayitno, Erman Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Paramitra Publishing

Rumini, Sri dan Siti Sundari. 2004. Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT Rineka Cipta

Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini :Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Wikipedia, 2020 (https://id.wikipedia.org/wiki/Remaja)

Kemdikbud, 2021 (https://kbbi.web.id/remaja)




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i5.9152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.