SOSIALISASI PEMBELAJARAN ONLINE KEPADA ORANG TUA MURID DI TK AR RAHMAH

Fibria Anggraini Puji lestari(1*), Iis Dewi Lestsri(2), Riko Riko(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran online saat ini menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan di tengah situasi wabah penyakit yang melanda Indonesia. Pihak sekolah dan orang tua murid harus mampu berkolaborasi agar anak tetap semangat dan memiliki keinginan yang tinggi meskipun belajar secara online. Tidak hanya guru, namun orang tua murid harus mampu bersahabat dengan ragam penggunaan media pembelajaran online. Kegiatan PKM dilakukan kepada orang tua murid di TK Ar Rahmah Jakarta Selatan. Orang tua murid dituntut untuk terlibat dalam kegiatan belajar online serta mampu dan bersahabat dengan media pembelajaran online.Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian di TK Arrahmah  yaitu sebagai berikut: tim dosen mengadakan observasi ke TK Arrahmah untuk mengetahui jenis media pembelajaran yang digunakan secara online, memberikan sosialisasi kepada orang tua murid tentang ragam media pembelajaran online yang dapat digunakan oleh orang tua murid dan guru selama proses pembelajaran daring, orang tua murid dapat menggunakan ragam media pembelajaran online dan menentukan media pembelajaran mana yang tepat digunakan dengan kondisi orang tua murid dan siswanya.  Oleh karena itu, kegiatan PKM yang dilakukan pada bulan Oktober 2020-Januari 2021ditujukan untuk melakukan sosialisasi kepada orang tua murid agar  lebih banyak mengenal dan mampu menggunakan ragam media pembelajaran online untuk mempermudah orang tua murid dalam membimbing anak selama belajar online.

 

Kata Kunci :Sosialisasi, Orang Tua murid, Pembelajaran Online

 


Keywords


Sosialisasi, Orang Tua murid, Pembelajaran Online

Full Text:

PDF

References


Kartika, Putri Dina, dkk. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini . ISSN 2459-8959. Vol. 4 Issue 2 ,hal 649-647.

Yustanti, I., & Novita, D. (2019). Pemanfaatan E-Learning Bagi Para Pendidik Di Era Digital 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional, 338–346.

Zahra Tsaniya, dkk. 2020. Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah Online di Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. E ISSN: 2581-1126. April. Vol. 7 No.1 hal 48-59.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i2.9070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.