Literasi Kesehatan Anak melalui Edukasi Cuci Tangan dengan Metode Demonstrasi pada Siswa SDN 1 Tawangrejeni

Ulfi Andrian Sari(1*)

(1) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Perilaku hidup sehat sebaiknya diperkenalkan saat usia dini kepada siswa. Rajin cuci tangan menjadi salah satu indikator perilaku gaya hidup bersih dan sehat. Akan tetapi siswa sekolah dasar masih menganggap sepele perilaku tersebut.  Kegiatan pengabdian ini memiliki tujuan untuk menyadarkan dan memberi pemahaman tentang manfaat mencuci tangan menggunakan sabun. Metodologi pengabdian menggunakan sosialisasi, demonstrasi, dan pendampingan langkah-langkah cara hidup sehat dan bersih dengan perilaku mencuci tangan sesuai prosedur dari WHO. Subjek pengabdian adalah siswa pada kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 01 Tawangrejeni. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keberhasilan pengabdian berupa lembar observasi. Hasil pengabdian menunjukkan respon yang positif dan antusias dari siswa yang mengikuti kegiatan. Prosentase keberhasilan pelaksankan pengabdian sebesar 80% mampu mempraktikkan mencuci tangan secara berurutan sedangkan 20% tidak berurutan dalam praktik mencuci tangan.


Keywords


Healthy life, demonstration, washing hands

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ambarwati, & Prihastuti. (2019). Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Mencuci Tangan Menggunakan Sabun dan Air Mengalir sebagai Upaya Untuk Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Sejak Dini. Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 46–52.

Batubara, S. O., Wang, H. H., & Chou, F. H. (2020). Literasi Kesehatan: Suatu Konsep Analisis. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(2). https://doi.org/10.30651/jkm.v5i2.5683

Fazriyati, W. (2013). Kebiasaan CTPS di RS tekan infeksi nosokomial. Retrieved from http://health.kompas.com/read/2013/09/ 26/1643106/Kebiasaan.CTPS.di.RS. Tekan.Infeksi.Nosokomial.

Febianti. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar dengan Reword dan Punishment yang Positif. Jurnal Edunomic, 6(2), 93–102.

Hadi, T., & Atmaja, W. (2022). Meningkatkan Higienitas Siswa Sekolah Dasar Pada Masa COVID-19 Di Kecamatan Bayeun Aceh Timur Memasuki masa New Normal Pandemi Corona Virus Desease 2019 ( Covid-19 ), adalah hal yang sangat dianjurkan . Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO ) telah laman merek. 05(01), 74–80.

Handayani. (2016). Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Anak-Anak Tingkat Sekolah Dasar Di Desa Tabore Kecamatan Mentangai Kalimantan Tengah. Jurnal Surya Medika, 2(1), 8–13.

Hasanah, U., & Mahardika, D. R. (2021). Edukasi Prilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Usia Dini Untuk Pencegahan Transmisi Penyakit. Prosiding Seminar Nasional …. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/7972

Iskandar, & Yanto. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Pelaksanaan Cuci Tangan 6 Langkah 5 Momen Keluarga Pasien di Ruang Rawat Inap RS Roemani Semarang. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus, 1(1), 120–128.

Luby, S., Agboatwalla, M., Bowen, A., Kenah, E., Sharker, Y., & Hoekstra, R. (2019). Difficulties in Maintaining Improved Handwashing Behavior, Karachi, Pakistan. Am. J. Trop. Med. Hyg, 81(1), 140–145.

Maryam, N. S. (2021). Perubahan Bertingkah-Laku Berjabat-Tangan Di Masa Pandemi COVID-19 Di Politeknik Kridatama Kota Bandung Changes Within Handshake Behavior In The Covid-19 Pandemic Time In The Polytechnic Of Kridatama, Bandung City. Jurnal Budaya Etnika, 5(2), 75–84.

Miranti. (2015). Penggunaan Media Lagu Anak-Anak dalam Mengembangkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Siswa di Paud. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 167–172.

Mustikawat, I. S. (2017). Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Studi Kualitatif pada Ibu-Ibu di Kampung Nelayan Muara Angke Jakarta Utara: Studi Kualitatif. Jurnal ARKESMAS, 2(1), 115.

Nakoe, R., S Lalu, N. A., & Mohamad, Y. A. (2020). Perbedaan Efektivitas Hand-Sanitizer Dengan Cuci Tangan Menggunakan Sabun Sebagai Bentuk Pencegahan Covid-19. Jambura Journal of Health Sciences and Research, 2(2), 65–70. https://doi.org/10.35971/jjhsr.v2i2.6563

Rahayu, & Ummah. (2016). Metode Demonstrasi Mencuci Tangan Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 2(1), 26–29.

Roestiyah, N. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Supriyono. (2018). Penerapan Game Edukatif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Setingkat Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Warta LPM, 21(1), 30–39.

Suraya. (2018). . Edukasi Kebersihan Tangan Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Komunitas Anak Asuh Remaja Islam Baitul Mughni (A2R) Jakarta Selatan. Jurnal SOLMA, 7(1), 19–26.

WHO. (2009). Guidelines on Hand Hygiene in Healthcare. Geneva: WHO.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i3.9024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.