Pelatihan Desain Dan Internet Untuk Mewujudkan Desa Berliterasi Digital

Sutrisno Sutrisno(1), Muhammad Hamka Ibrahim(2), Subuh Pramono(3), Meiyanto Eko Sulistyo(4), Febri Liantoni(5*)

(1) Universitas Sebelas Maret
(2) Universitas Sebelas Maret
(3) Universitas Sebelas Maret
(4) Universitas Sebelas Maret
(5) Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author

Abstract


Saat ini dunia sudah berada pada era digital dan revolusi industri 4.0, yang berhubungan dengan Internet dan teknologi digital. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang pesat khususnya internet menjadikan pekerjaan lebih ringan. Dengan kemampuan penggunaan teknologi informasi dan dipadukan kesadaran literasi di era digital maka masyarakat akan mampu menggunakan TIK untuk hal-hal yang positif dan bermanfaat serta terhindar dari hal-hal yang negatif. Namun banyak masyarakat yang belum bisa menggunakan TIK seperti membuat dokumen, desain dasar, dan pemakaian internet. Untuk itu perlu digencarkan pelatihan-pelatihan TIK untuk masyarakat. Pelatihan ini berkerjasama dengan Yayasan Hubbul Khoir yang terletak di Dukuh Ngentak, Bulakrejo, Sukoharjo. Pada pelatihan desain dengan menggunakan aplikasi Inkscape. Aplikasi Inkscape dipilih karena aplikasi ini gratis dan sangat popular untuk saat ini. Pelatihan desain ini telah terlaksana pada tanggal 12-16 September 2020. Karena masih pandemic Covid-19, pelatihan diadakan secara online lewat Whatsapp, Telegram dan Zoom. Peserta menjadi paham dan mengetahui seluk beluk internet dan penggunaan desain sesuai dengan modul/ materi yang telah diberikan.

Keywords


desain; internet; inkscape; online

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Al Ihsan, N. H. A. S., Dzakiyah, H. H., & Liantoni, F. (2020). Perbandingan Metode Single Exponential Smoothing dan Metode Holt untuk Prediksi Kasus COVID-19 di Indonesia. Ultimatics : Jurnal Teknik Informatika, 12(2), 89–94. https://doi.org/10.31937/ti.v12i2.1689

Kucharski. (2020). Early dynamics of transmission and control of COVID-19: a mathematical modelling study. The Lancet Infectious Diseases, 20(5), 553–558. https://doi.org/10.1016/S1473-3099(20)30144-4

Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 3(1), 61–76. https://doi.org/10.22146/jpkm.25370

Liantoni, F., Arief, R., & Rozi, N. F. (2019). Improving Learning Processes With Online Teaching. The Spirit Of Society Journal, 2(2), 101–106. https://doi.org/10.29138/SCJ.V2I2.665

Park, H. W. (2009). Academic Internet Use: Issues and Lessons in e-Research. A paper presented to the Communication and Technology Division. The 59th Annual ICA (International Communication Association) Conference.

Warren, A., Brunner, D., P., M., & Barnet, L. (1998). Technology in Teaching and Learning: An Introductory Guide. London: Kogan Page.

Zheng, F., Khan, N. A., & Hussain, S. (2020). The COVID 19 pandemic and digital higher education: Exploring the impact of proactive personality on social capital through internet self-efficacy and online interaction quality. Children and Youth Services Review, 119, 105694. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105694




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i2.8673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.