PENGENALAN ALAT TRANSPORTASI BERBASIS ANDROID DI TK ISLAM BAITURRAHMAH
(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Pada saat ini perkembangan teknologi sangatlah maju dengan pesat, diantaranya teknologi smartphone berbasis android. Perkembangan teknologi juga dirasakan pada dunia pendidikan. Beberapa sekolah sudah menerapkan teknologi smartphone berbasis Android. Taman Kanak-Kanak Islam Baiturrahmah yang terletak di Pondok Labu ikut serta dalam menggunakan teknologi android sebagai media pembelajaran, dikarenakan dengan menggunakan media pembelajaran yang model lama masih kurang maksimal maka dengan itu diperlukan sebuah media pembelajaran yang baru dengan menggunakan teknologi android agar mempermudah dalam memberikan materi.Karena diperlukan teknologi smartphone sebagai media pembelajaran maka kami tim dosen mengenalkan media pembelajaran tentang Pengenalan Transportasi berbasis android sebagai gambaran cita-cita anak ketika besar nanti.Metode yang digunakan dalam aplikasi media pembelajaran Pengenalan Transportasi ini dibuat menggunakan metode ceramah dan praktik dengan bahasa pemrograman android. Luaran yang akan dicapai dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah purwarupa berupa Aplikasi Pengenalan Transportasi dalam bentuk media pembelajaran pada TK Baiturahmah. Diharapkan dengan sosialisasi media pembelajaran berbasis Android terhadap guru-guru TK Baiturrahmah tim dosen dapat memperkenalkan aplikasi berbasis Android yang dapat membantu pengajar dalam memanfaatkan media pembelajaran serta membekali guru dengan pengetahuan baru untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyerap materi yang diberikan oleh guru juga dapat membantu dalam memudahkan pemahaman siswa sehingga tujuan pembelajaran tercapai.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
E. Nurchasanah and E. Sudarmilah, “Pengembangan Multiplatform Game 2D Pengenalan Nama Benda Dalam 3 Bahasa Untuk Anak Usia Dini,” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 2, no. 2, p. 64, 2016.
M. Adiwijaya, K. I. S, and Y. Christyono, “Perancangan Game Edukasi Platform Belajar Matematika Berbasis Android Menggunakan Construct 2,” Transient, vol. 4, no. 1, pp. 128–133, 2015.
Y. Bintoro and W. Pujiyono, “Game Edukasi Pengenalan Transportasi dan Pekerjaan dalam Bahasa Inggris untuk Taman Kanak-Kanak Menggunakan Flash ( Studi Kasus : TK ABA Pokoh ),” Issn, pp. 6–8, 2015.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i2.8611
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
View My Stats
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.