Peningkatan Proses Pembelajaran Menggunakan Google Classroom SD Negeri Mangunan 2 Kabuh, Jombang

Arvin Claudy Frobenius(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penggunaan teknologi merupakan hal yang penting untuk menunjang proses belajar – mengajar. Dengan adaanya wabah COVID-19 pemerintah mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI Nomor 9 Tahun 2020 tentang belajar- mengajar melalui pembelajaran interaktif atau daring. Seluruh sekolah diharuskan mengadopsi proses pembelajaran dengan metode blended learning. Namun, hal tersebut belum ditunjang kesiapan guru SD Negeri Mangunan 2 Kabuh yang hanya dapat mengandalkan penggunaan platform chat whatsapp. Hal tersebut mengakibatkan dampak penurunan pada kinerja smartphone dan efektifitas pengajaran. Oleh karena itu perlu adanya pelatihan learning management system dengan platform google classroom dengan metode problem-based learning dan pendampingan service learning. Terdapat lima tahap yaitu: persiapan, pre-test, pembekalan materi, penugasan, monitoring, post-test dan evaluasi. Dari hasil pelatihan peningkatan proses pembelajaran menggunakan google classroom pada guru SD Negeri Mangunan 2 Kabuh menunjukan bahwa pre-test guru mendapatkan nilai   91% tidak mengetahui dan tidak dapat mengoperasikan google classroom. Pada post-test menghasilkan 100% guru telah mengetahui dan dapat mengoperasikan google classroom

Keywords


Blended learning, Learning Management System, Google Classroom, SD Negeri Mangunan 2 Kabuh, Problem-Based Learning, Service Learning

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran . Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 856-866.

Andriyani, & Suhendri. (2019). Model Flipped Classroom Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 287-292.

Chandrawati, S. R. (2010). Pemamfaatan E-Learning Dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 101 – 203.

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. Jember: Program Studi Ekonomi FKIP UNEJ.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2020, April 3). Pedoman Pembatasan Berskala Besar Dalam Penanganan COVID-19,”kemkes.go.id”, [Online]. Available:hukor.kemkes.go.id.[Accessed 27 Mei 2020]. Retrieved from kemkes.go.id: hukor.kemkes.go.id

Novian, D. R. (2019). Optimasi Penggunaan Google Classroom Sebagai Media E-Learning Bagi Mahasiswa Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri, 7-12.

Oluwaniyi, N. O., Afeni, B. O., & Lawal, O. O. (2015). Development of an Asynchronous Web Based E-Learning System. Journal of Computer and Communications, 397-410.

Rahardja, U., Aini, Q., & Zuliana, S. R. (2016). Metode Learning Management System (LMS) IDU Untuk Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar MIT Pada Perguruan Tinggi Raharja. Journal CICES, 156-172.

Shira, D. (2020, 2 10). China’s Extended Lunar New Year Holiday Schedule. Retrieved from www.china-briefing.com: https://www.china-briefing.com/news/china-extends-lunar-new-year-holiday-february-2-shanghai-february-9-contain-coronavirus-outbreak/

Sujana, I. M., Waluyo, U., Arifuddin, & Soepriyanti, H. (2019). Pengembangan “Content” Google Classroom Untuk Guru Dan Mahasiswa Bahasa Inggris Kota Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 396-401.

Syamsudduha, & Tekeng, N. Y. (2017). Penerapan Service Learning Dalam Pembelajaran Matakuliah Pedagonik Pada Kurikulum Pendidikan Calon Guru. Lentera Pendidikan, 1-17.

Thomas, A. K., Moradeke, A., & Oludare, O. (2012). E-Learning and Its Effects on Teaching and Learning in a Global Age. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences.

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2017). Pembelajaran Blended Learning Melalui Google Classroom Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa) (pp. 513-521). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yazdi, M. (2012). E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek, 143-152.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i1.8525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.