PELATIHAN DARING PEMBELAJARAN BERORIENTASI LUARAN BAGI GURU BAHASA INGGRIS SD MUHAMMADIYAH SE-KOTA YOGYAKARTA
(1) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan besar dalam dunia pendidikan. Semua elemen termasuk guru dan siswa melakukan adaptasi terhadap pembelajaran daring. Pelaksanaan pembelajaran online penuh dinamika, termasuk dalam pembelajaran daring bahasa Inggris di sekolah dasar. Kebiasaan dalam pemanfaatan buku teks membuat sebagian guru membawa pembelajaran menjadi rutinitas pemberian tugas kepada siswa. Pengabdian ini bertujuan memberikan pelatihan kepada guru bahasa Inggris sekolah dasar terkait pengetahuan dan keterampilan yang berhubungan dengan pemanfaatan layanan web di internet dalam proses pembelajaran yang menghasilkan luaran pembelajaran bahasa Inggris daring kepada anak-anak. Pelatihan ini melibatkan sekolah dasar Muhammadiyah di bawah koordinasi BKS-Badan Kerjasama Sekolah dan PDM-Pengurus Daerah Muhammadiyah, Kota Yogyakarta. Pelatihan dilakukan dalam 3 tahap. Realisasinya dalam bentuk webinar dan focused group discussion (FGD) untuk penyusunan materi ajar yang berorientasi pada luaran, pembimbingan, dan evaluasi. Selama webinar, para guru bahasa Inggris mendapatkan pengetahuan dan sekaligus aspek praktis dalam pemanfaatan layanan web untuk penyusunan materi ajar bahasa Inggris yang bermakna dan pembuatan luaran pembelajaran. Dari pengabdian ini, guru Bahasa Inggris SD Muhammadiyah di lingkungan PDM Kota Yogyakarta memiliki kemampuan menyusun materi ajar yang berorientasi pada luaran pembelajaran Yang demikian ini bermanfaat tidak hanya kepada siswa, tapi juga kepada peningkatan kemampuan guru dan bukti capaian pembelajaran bahasa Inggris kepada stakeholder.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Brewster, J and Ellis, G. (2003). The Primary English Teacher’s Guide. Edinburgh: Pearson Education Limited.
Cameron, L. (2001). Teaching Languages to Young Learners. Cambridge: Cambridge University Press.
Fatimah, Nur (2012) Developing Literacy Skills through Learning Products in English for Young Learners. Proceedings on the Second TEYLIN National Conference. UMK Kudus.
Moore, M., & Kearsley, G. (2012). Distance Education: A Systems View of Online Learning (3rd ed.). Belmont, CA: Wadsworth.
Nunan, D. (1989). Designing Tasks for the Communicative Classroom. Cambridge: Cambridge University Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i5.8365
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
View My Stats
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.