UPAYA PENGEMBANGAN MODEL PEMASARAN DAN PELAPORAN KEUANGAN UMKM DUSUN KADI GUNUNG KABUPATEN MAGELANG

Anissa Hakim Purwantini(1*), Reza Dea Amalia(2), Adelia Kasmawati(3), Ajeng Sekar Kinasih(4), Nurdian Novitasari(5), Rahma Sarita(6)

(1) Universitas Muhammadiyah Magelang
(2) Universitas Muhammadiyah Magelang
(3) Universitas Muhammadiyah Magelang
(4) Universitas Muhammadiyah Magelang
(5) Universitas Muhammadiyah Magelang
(6) Universitas Muhammadiyah Magelang
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

Tujuan dari pengabdian ini adalah (1) memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi UMKM Sentra Keripik Tahu, terutama dalam permodalan, peningkatan laba dan peningkatan penjualan, (2) meningkatkan omset pemasaran melalui media sosial, new look kemasan, dan disversifikasi produk agar menjadi lebih menarik, (3) memberikan wawasan kepada pemilik UMKM agar memahami pentingnya Laporan Keuangan bagi usahanya,(4) membantu pemilik UMKM agar mampu membuat laporan keuangan sederhana, (5) membantu pemilik UMKM agar mampu membuat penghitungan HPP. Peserta dari kegiatan ini adalah para pemilik UMKM keripik tahu yang ada di Dusun Kadigunung, Desa Sidomulyo, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang. Kegiatan dilakukan secara Theoritical dan Practical dimana dalam hal ini proker disampaikan secara teori dengan pemberian materi secara teknis, kiat-kiat dan solusi disertai dengan praktek langsung dimana Desa Kadigunung dapat terlibat langsung dalam program kerja sehingga pengembangan UMKM Desa Kadi Gunung bisa lebih produktif. Hasil dari kegiatan ini adalah terlaksananya semua proker sesuai dengan tujuan awal kegiatan.

Keywords: UMKM, Laporan Keuangan, Pemasaran, PPMT  

 

 

Abstract

 

The objectives of this service are (1) to provide solutions to problems faced by MSME at the Tofu Chips Center, especially in capital, increase in profits and increase in sales, (2) increase marketing turnover through social media, new look packaging, and product diversification to make it more attractive , (3) providing insight to MSME owners in order to understand the importance of Financial Statements for their business, (4) helping MSME owners to be able to make simple financial reports, (5) helping MSME owners to be able to make HPP calculations. Participants of this activity are the owners of tofu chips UMKM in Kadigunung Hamlet, Sidomulyo Village, Candimulyo District, Magelang Regency. The activity is carried out theoretically and practically where in this case the work program is presented in theory by providing technical material, tips and solutions accompanied by direct practice where the village Kadigunung can be directly involved in work programs so that the development of UMKM in Kadi Gunung Village can be more productive. The result of this activity is the implementation of all work programs in accordance with the initial objectives of the activity.

Keywords: MSME, Marketing, Financial Statemants, PPMT


Keywords


UMKM; pemasaran; laporan keuangan; PPMT

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAFTAR PUSTAKA

Ediraras, D. (2010). Akuntansi Dan Kinerja Ukm. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 15(2), 5936. https://doi.org/10.35760/eb.

Handika, M. R., & Darma, G. S. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Undiknas, 15(2), 192–203. https://doi.org/10.38043/jmb.v15i2.601

ILHAM. (2013). PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI PERCETAKAN SABLON “OTAK KAKAN production” di Yogyakarta. Skripsi.

Khamidi, S., DH., A. F., & Suyadi, I. (2008). PENGARUH DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP PENJUALAN Studi Kasus Pada Perusahaan Konveksi “ Faiza Bordir ” Bangil – Pasuruan. 3–5.

Kristiyanti, M. (2012). Peran Strategis Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam Pembangunan Nasional. Informatika, 3(I Jarnuari), 63–89.

Mandey, M. J., Saerang, D. P. E., & Pusung, R. J. (2018). Studi Kualitatif Tentang Manfaat Dan Kerugian Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Pada Ud Mitra Pelita. Jurnal Riset Akuntansi, 13(02), 589–598. https://doi.org/10.32400/gc.13.02.19918.2018

Nofiana, M., & Utami, R. F. (2019). Pengaruh Strategi Branding Terhadap Peningkatan Omset Penjualan Siomay Di Desa Karangcegak-Kecamatan Sumbang. Seminar Nasional, 437–444.

Oktafia, R. (2017). Percepatan Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Melalui Perkuatan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (Lkms) Di Jawa Timur. Jurnal Ekonomi Islam, 3(1), h. 85-92.

Savitri, R. V., & Saifudin. (2018). PENCATATAN AKUNTANSI PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH ( STUDI PADA UMKM MR . PELANGI SEMARANG ) Keywords : accounting records , UMKM Kata Kunci : Pencatatan Akuntansi , UMKM Corresponding author : Jurnal Manajemen Bisnis Dan Inovasi, 5(2), 117–125. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmbi/article/view/20808/20499

Setyawati, I. (2009). Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Dalam Perekonomian Nasional. Majalah Ilmiah Widya, 26(288), 24–28. https://doi.org/10.31227/osf.io/7qkj6




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i6.8280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.