PELIBATAN ORANG TUA DALAM PENERAPAN PENGASUHAN POSITIF SEBAGAI PENUNJANG PENDIDIKAN INKLUSI DI LEMBAGA PAUD

Mirawati Mirawati(1*), Nenden Ineu Herawati(2), Leli Halimah(3), Ayu Hopiani(4)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(4) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengasuhan pada anak merupakan hal yang sangat penting dan memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap setiap aspek perkembangan anak. Pengasuhan pada anak pertama kali dimulai dalam lingkungan keluarga. Hal tersebut menyiratkan bahwa orang tua dan pendidik memiliki peranan yang penting dalam memberikan pengasuhan yang baik pada anak, khususnya sebagai upaya pendidikan inklusi bagi anak usia dini. Berdasarkan hal tersebut, program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan layanan informasi pada guru dan orang tua terkait program pengasuhan positif melalui pelatihan dan upaya pelibatan orang tua. Program ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pengasuhan yang dapat dilakukan oleh guru dan orang tua dan juga sebagai upaya penguatan pendidikan inklusi bagi anak usia dini di lembaga PAUD.


Keywords


Pengasuhan; Pendidikan Inklusi; Pelibatan Orang Tua

Full Text:

PDF

References


Damayanti, P A (2011). Dinamika perilaku “nakal” anak berambut gimbal di dataran tinggi dieng. Jurnal Psikologi Islam (JPI) Lembaga Penelitian Pengembangan Psikologi dan Keislaman (LP3K), 8 (2), hlm. 165-190.

Doughlass, Ann. (2004). The Mother of All Parenting Books. United States of America: Wiley, Hoboken, NJ.

Gordon. A. M & Browne. K. M (2011). Beginning and Beyond, Foundation in Early Childhood Education, 8th Edition. USA: Wadsworth Cengage Learning.

Komalasari, E. (2013). Home Visit: Layanan Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Anak Kurang Sejahtera. Proseding Koneferensi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar SPS UPI.

Rudiyanto. (2010). Pemberdayaan Masyarakat dalam Penyelenggaraan PAUD. Bandung: Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UPI.

Suyadi & Ulfah. M. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Berk (2007)

Yusuf. S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i6.8218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.