BIMBINGAN DAN PENYULUHAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PRINSIP LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(1) Universitas Singaperbangsa Karawang
(2) Universitas Singaperbangsa Karawang
(3) Universitas Singaperbangsa Karawang
(*) Corresponding Author
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh dosen. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dalam pengabdian ini berupa FGD (Focus Group Discussion) dengan tema “Bimbingan dan Penyuluhan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Prinsip Layanan Bimbingan dan Konseling” bagi guru matematika se Wilayah Komisariat Telukjambe Karawang dengan tujuan yang diharapkan adanya perubahan paradigma peserta didik yang negatif terhadap metematika menjadi persepsinya positif, meningkatkan PBM Matematika yang menyenangkan, dan dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik setelah guru matematika mengimplementasikannya. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini digunakan FGD secara langsung untuk memperoleh pengatahuan tentang model pembelajaran tersebut. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat melalui FGD ini adalah (1) Model pembelajaran matematika berbasis prinsip layanan bimbingan dan konseling memiliki kemungkinan besar untuk dapat dilaksanakan di sekolah-sekolah peserta FGD, (2) Model pembelajaran matematika berbasis prinsip layanan bimbingan dan konseling diprediksi akan dapat berdampak dalam meningkatkan prestasi belajarnya, dan (3) Implementasi model pembelajaran matematika berbasis prinsip layanan bimbingan dan konseling dapat dijadikan sebagai bahan untuk penelitian.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
ABKIN. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling pada Jalur Pendidikan Formal. Bandung: Depdiknas.
Chabibah, R. (2018, April 07). kompasiana.com. Retrieved from kompasiana.com: http://kompasiana.com
Kartadinata, S. (2008). Kompilasi Konseling Lintas Budaya. In S. Kartadinata, Konseling Lintas Budaya (p. 125). Bandung: Pascasarjana UPI bandung.
Kartadinata, S. (2009). Konseling Lintas Budaya. In S. Kartadinata, Konseling Lintas Budaya (pp. -). Bandung: Pascasarjana UPI Bandung.
LN, S. Y. (2017). Bimbingan dan Konseling Perkembangan (Suatu Pendekatan Komprahensip). Bandung: Refika Aditama.
Muslika. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Mumbulsari Jember Pada Materi Aritmatika Sosial dengan Model REACT. @Kadikma, 175-186.
Rohaminis. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP dengan Menerapkan Metode Improve. Jurnal Pendidikan Tambusai, 779-787.
Saputri, S. F. (2019, April 15). nusacaraka.com. Retrieved from Nusa Caraka Artikel: http://nusacaraka.com
Solider.id. (2013, Oktober 3). Solider.id. Retrieved from Solider.id: http://solider.id
Sudrajat, A. (2008, September 12). Wordpress. Retrieved from Akhmadsudrajat.wordpress.com: http://ahmadsudrajat.wordpress.com
Suherman. (2017, - -). file.upi.edu. Retrieved from file.upi.edu/Direktori/FIP: http://file.upi.edu
UNSIL, H. (2016, Agustus 19). Matematika Ratunya Ilmu. Matematika ratunya ilmu, p. 1.
Wikipedia. (2020, November 11). wikipedia.com. Retrieved from wikipedia.com: http://wikipedia.com
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i1.8215
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
View My Stats
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.