PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA WAYANG PROFESI DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENDIDIKAN NILAI MORAL BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Auliya Aenul Hayati(1*), Dede Endang Mascita(2)

(1) 
(2) Universitas Swadaya Gunung Jati
(*) Corresponding Author

Abstract


Keberadaan pendidikan nilai moral sebagai esensi utama dari setiap mata pelajaran, keberhasilan capaiannya ditentukan oleh tingkat kemampuan guru sebagai pendidik dalam menggali dan menyuguhkan nilai moral kepada siswa dalam kemasan yang disenangi dan mudah dipahami. Diperlukan kemampuan dan kemauan yang tinggi untuk dapat menyampaikan pesan nilai moral kepada siswa. Namun demikian, tidak setiap pendidik menyadari hal tersebut. Permasalahan lebih kompleks lainnya yaitu diketahui bahwa pola pembelajaran yang diterapkan di sekolah dasar tidak selalu mendukung peraihan kualitas siswa dalam membangun makna dari suatu pelajaran atau peristiwa, rendahnya kreativitas pendidik dalam mengeksplorasi makna nilai dari suatu materi, pelibatan siswa terbatas fisik tanpa mengindahkan mental dan spiritual, dan juga rendahnya tingkat kesadaran pentingnya penggugahan pendidikan nilai moral dan penggunaan media yang tepat guna kepentingan pembentukan pribadi ideal siswa di masa yang akan datang. Program pelatihan ini berupaya untuk membangun kesinambungan antara pola pembelajaran dengan kualitas membangun makna diri siswa sekolah dasar, mendorong pendidik untuk dapat mengoptimalkan pencarian ragam kreatifitas dalam melaksanakan pendidikan nilai moral dan penyampaian pesan pembelajaran hingga dapat ditangkap sempurna oleh siswa, mengenalkan media yang tepat sasaran dalam pendidikan nilai mampu melibatkan siswa secara fisik, mental, dan emosional sekaligus dalam satu waktu, dan membentuk karakter ideal sumber daya manusia Indonesia sedari dini dengan pendidikan nilai moral melalui pagelaran wayang profesi. Pelatihan dilaksanakan di SDN 1 Padahanten – Majalengka dengan sasaran para tenaga pengajar dan siswa kelas IV sebagai objek dari pendidikan nilai moral.

Keywords


Media Pembelajaran; Wayang Profesi, Pendidikan Nilai Moral; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Nurseto, T. (2011). “Membuat Media Pembelajaran Yang Baik”. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 2(1) : 19-35

Narmoatmojo W. Pendidikan Nilai di Era Global. In: Implementasi Pendidikan Nilai Di Era Global. Surakarta: UNISRI Surakarta; 2010. p. 1–19.

Susilana, R. & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran. Bandung : CV. Wacana Prima

Agustin M. (2014). Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran?: Panduan Untuk Guru, Konselor, Psikolog, Orang Tua, dan Tenaga Kependidikan. Bandung: PT Refika Aditama

Hariyanto, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Komariah, S.K. (2011). Model Pendidikan Nilai Moral. Jurnal Pendidik Agama Islam, 9(1) : 45-54.

Lickona, T. (2014). Pendidikan Karater, Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung : Penerbit Nusa Media.

Jensen, E. (2011). Pembelajaran Berbasis - Otak. Edisi Kedua. Jakarta: PT Indeks

Mujtahidin. (2017). Civic Education di Sekolah, Penguatan Pendidikan Karakter Mellaui Pembelajaran PKn Yang Inovatif dan Efektif. Surabaya: Pustaka Radja

Qurrotaini, L. & Fachrunisah, A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Melalui Media Wayang Kertas di SDN Margahayu XIV Kota Bekasi. Holistika Jurnal Ilmiah PGSD, 1(2) : 103-108.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i2.8067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.