Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Media Informasi Pemasaran Online Produk Usaha Mikro Kecil Menengah Petani Hortikultura Cilacap

Riyadi Purwanto(1), Ratih Hafsarah Maharrani(2), Oman Somantri(3*), Linda Perdana Wanti(4), Fadillah Fadillah(5)

(1) Politeknik Negeri Cilacap
(2) Politeknik Negeri Cilacap
(3) Politeknik Negeri Cilacap
(4) Politeknik Negeri Cilacap
(5) Politeknik Negeri Cilacap
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan yang dihadapi oleh para petani holtikutura di kabupaten cilacap saat ini cukup kompleks khususnya dalam hal pemasaran produk. Permasalahan tersebut diantaranya adalah metode pemasaran yang belum maksimal karena berbagai macam keterbatasan media promosi dan pengetahuan tentang cara-cara promosi sehingga hasil pertanian hanya dipasarkan di daerah Cilacap saja, serta belum optimalnya pemanfaatan teknologi dikarenakan sarana yang terbatas dan ruang gerak yang terbatas apalagi seperti kondisi sekarang yaitu pandemi covid-19. Pemasaran online yang dilakukan oleh Petani Holtikultura Cilacap (PHC) memerlukan sebuah sarana yang lebih luas cakupannya, seperti sebuah media marketplace yang khusus menjual produk hasil pertanian dari seluruh wilayah kabupaten Cilacap. Berdasarkan kesepakatan antara tim pelaksana dan mitra, maka solusi yang menjadi prioritas utama adalah masalah strategi media pemasaran, pemanfaatan marketplace untuk pemasaran hasil pertanian di seluruh wilayah kabupaten Cilacap. Kegiatan tersebut dikemas dalam suatu bentuk pelatihan-pelatihan, diantaranya pelatihan pengelolaan marketplace yang bertujuan agar hasil pertanian dapat dipasarkan ke luar daerah Cilacap.  Target luaran yang diharapkan adalah adanya peningkatan perekonomian, serta peningkatan pengetahuan anggota PHC terkait dengan sistem pemasaran dan branding yaitu digital marketing. Selain itu diharapkan adanya peningkatan kesejahteraan dan perekonomian bagi anggota PHC karena permintaan hasil pertanian yang meningkat.


Keywords


digital marketing; marketplace; holtikultura; hasil pertanian

Full Text:

PDF

References


Albdulrohim, U., Gunawan, H., & Herlambang, T. (2015). Aplikasi E-Commerce Penjualan Hasil Pertanian Tanaman Sayuran Berbasis Website Studi Kasus Di Balitsa Lembang. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(2), 1–8.

Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 1(2), 131. https://doi.org/10.29207/resti.v1i2.36

Apriyani, H., Sismadi, S., & Sefrika, S. (2018). Penggunaan Internet of Things Dalam Pemasaran Produk Pertanian. Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM), 3(2), 74. https://doi.org/10.32767/jusikom.v3i2.367

Peraturan Bupati Cilacap Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pemberdayaan Petani melalui Lapak Petani di Kabupaten Cilacap, (2019).

Cilacap, D. P. K. (2020). Petani Hortikultura Cilacap (PHC). Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap. https://dispertan.cilacapkab.go.id/tag/hortikultura/

Ginting, E. (2013). Aplikasi Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) Menggunakan Joomla Pada Mutiara Fashion. Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Widyatama.

Heri Irawan, R. A. (2017). Penerapan E-Commerce Berbasis Website Untuk Meningkatkan Pangsa Pasar Penjualan Kripik Ud Aduhai Gampong Karangnyar Kecamatan Langsa Baro Kota Langsa. Seminar Nasional Teknik Industri [SNTI2017], 13–14.

Jaya, T. S., & Widyawati, D. K. (2019). Pengembangan E-Market Place Pertanian Dengan Metode Prototype Development of Agricultural E-Marketplace By Prototype Method. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Teknologi Pertanian, 27–34.

Lo, F. Y., & Campos, N. (2018). Blending Internet-of-Things (IoT) solutions into relationship marketing strategies. Technological Forecasting and Social Change, 137(April), 10–18. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2018.09.029

Sengkey, R. (2017). IbM Pemanfaatan E-Commerce Dalam. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer vol, 6(3), 111–115.

Sulthoni, A., & Achlison, U. (2015). Sistem Informasi E-Commerce Pemasaran Hasil Pertanian Desa Kluwan Berbasis Web. Jurnal ILmiah Ekonomi dan Bisnis, 8(1), 53–56. http://journal.stekom.ac.id/index.php/bisnis/article/view/151




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i3.7974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.