PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA GURU SMA SOMBA OPU GOWA

Andi Irmayana(1*), Nurul Aini(2)

(1) STMIK Dipanegara Makassar
(2) STMIK Dipanegara
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan yang dihadapi mitra adalah pemahaman tenteng Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terutama dalam penggunaan komputer dan penerapan internet masih minim. Guru lebih dominan menggunakan media pembelajaran berbasis papan tulis, sehingga tidak mengembangkan proses berfikir kritis dan kreatif siswa. ketika Guru  tidak bisa memberikan materi di depan kelas tetapi harus menyampaikan materi tersebut saat itu juga maka akan menyulitkan kondisi saat itu. Jika terdapat siswa yang tidak dapat hadir di kelas karena suatu hal yang tidak bisa mengikuti pembelajaran tersebut akan tertinggal dalam mendapatkan pengetahuan yang seharusnya didapatkan. Solusi yang ditawarkan adalah penerapan blended learning yang diartikan sebagai penggabungan pembelajaran didalam kelas dengan e-learning. Google sebagai platform web tool yang sangat menarik dan memiliki banyak fungsi, memberikan kemudahan bagi para penggunanya unuk mendapatkan berbagai macam informasi yang dibutuhkan.  Banyaknya fasilitas yang disediakan google classroom akan memudahkan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran yang dimaksud bukan hanya di kelas saja, melainkan juga di luar kelas karena peserta didik dapat melakukan pembelajaran dimana pun dan kapan pun dengan mengakses google classroom baik via web maupun android.

Keywords


Blended learning, pembelajaran online, guru, google classroom

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Deklara Nanindya Wardani1 , Anselmus J.E. Toenlioe2, A. W. B. De. (2018). Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning. Jktp, 1(April), 13–18.

Gunawan, F. I., & Sunarman, S. G. (2017). Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa Smk Untuk Mendukung Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 340–348.

Hermawanto, S.Kusairi, W. (2013). Pengaruh Blended Learning Terhadap Penguasaan Konsep Dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 67–76. https://doi.org/10.15294/jpfi.v9i1.2582

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Prestasi Pustaka.

Mayasari, F., Dwita, D., Jupendri, J., Jayus, J., Nazhifah, N., Hanafi, K., & Putra, N. M. (2019). Pelatihan Komunikasi Efektif Media Pembelajaran Google Classroom Bagi Guru Man 2 Model Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(1), 18–23. https://doi.org/10.37859/jpumri.v3i1.1155

Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(November 2012), 368–378. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043

Suhartono. (2016). Menggagas Pendekatan Blended Learning di Sekolah Dasar. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (Ting) VIII, November, 1–275.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i1.7671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.