PEMANFAATAN GOOGLE DRIVE SEBAGAI SARANA PENGARSIPAN BAGI GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI KABUPATEN CIREBON

Tri Nopriana(1*), Irmawati Liliana Kusuma Dewi(2), Siska Firmasari(3), Sri Asnawati(4), Sri Wahyuni(5), Aulia Nadifa(6)

(1) Universitas Swadaya Gunung Jati
(2) Universitas Swadaya Gunung Jati
(3) Universitas Swadaya Gunung Jati
(4) 
(5) 
(6) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengarsipan dilakukan bukan hanya untuk menyimpan berkas agar terlihat rapih, tetapi bermanfaat jika suatu saat berkas tersebut dibutuhkan, maka akan dengan mudah ditemukan. Pemanfaatan Google Drive sebagai sarana pengarsipan bertujuan agar file tidak akan hilang, pencarian berkas yang tidak memerlukan waktu lama, serta dapat diakses dimanapun dan kapanpun dibutuhkan. Sebelum pelatihan ini dilakukan, peserta pelatihan yang merupakan guru-guru di SMP Negeri di Kabupaten Cirebon mengaku bahwa mereka pernah mendengar bahwa berkas dapat disimpan pada Google Drive. Namun, para peserta belum mengetahui cara menggunakannya, bahkan belum mengetahui bahwa berkas-berkas tersebut dapat diakses menggunakan handphone masing-masing. Pelatihan ini dilakukan dengan tiga metode, yaitu ceramah, tanya-jawab dan simulasi. Kegiatan pertama dilakukan dengan metode ceramah dan simulasi, narasumber memberikan informasi mengenai pemanfaatan google drive, dari mulai membuat akun google mail, membuka aplikasi hingga melakukan pengoragnisiran dokumen pada google drive masing-masing. Selanjutnya, narasumber mempersilahkan peserta untuk bertanya mengenai hambatan yang dilakukan dalam menggunakan google drive. Setelah diberikan pelatihan, seluruh peserta sepakat bahwa pelatihan yang dilakukan menarik dan memotivasi untuk menggunakan google drive dalam pengarsipan guna meningkatkan profesionalisme guru khususnya dalam memanfaatkan teknologi

 

Keywords: Pengarsipan, Google Drive, Profesionalisme Guru 


Keywords


Google Drive; Pengarsipan; Profesionalisme Guru

Full Text:

PDF

References


Christiana. (2018). Pengembangan Supervisi Pengawas melalui Teknik Workshop untuk Meningkatkan kompetensi Supervisi Kepala Sekolah. Tesis. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Handayani, S. L., & Dewi, T. U. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 70-77.

Khikmawati, M.N. (2016). Google Drive untuk Pendidikan. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Matematika.

Kuswardani, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Menyusun Proposal PTK Melalui Workshop Dikalangan Guru SD Gugus Diponegoro Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Tesis. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Lestanti, S., & Susana, A.D. (2016). Sistem Pengarsipan Dokumen Guru dan Pegawai Menggunakan Metode Mixture Modelling Berbasis Web. Jurnal Antivirus, 10(2). Blitar: Universitas Islam Balitar.

Ningrum, O.S., & Puspasari, D. (2015). Penggunaan Aplikasi Google Drive Sebagai Penunjang Paperless Office. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 3(3). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Saidah. (2018). Perancangan Sistem Management Pengarsipan Berbasis Elektronik pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Gajah. Artikel Penelitian Online: https://media.neliti.com/media/publications/190219-ID-none.pdf. Diakses pada tanggal 22 Januari 2019.

Salamah, I., Lindawati, L., Asriyadi, A., & Kusumanto, R. D. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru-Guru SD Negeri 130 Palembang Dalam Menyajikan Presentasi Atraktif Melalui Pelatihan Microsoft Power Point. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 52-62.

Sam Hisam. (2019). “Workshop” Pengertian dan (Manfaat, Ciri, Jenis Contoh). Sumber: https://www.dosenpendidikan.com/workshop-pengertian-manfaat-ciri-jenis-contoh/. Diakses pada tanggal 26 Januari 2019 Pukul 13:30 WIB

Setyosari, Punaji. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Sumber: https://books.google.co.id/books/lokakarya. Diakses pada 26 Januari 2019 pukul 14.50 WIB.

Simangunsong, A. (2018). Sistem Informasi Pengarsipan Dokumen Berbasis. Jurnal Mantik Penusa, 2(1). Medan: STMIK Pelita Nusantara.

Suhandiah, S., Sudarmaningtyas, P., & Ayuningtyas, A. (2019). Pelatihan E-Learning Bagi Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Generasi Z. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108-117.

Sukrilah, Y. (2013). Kegiatan Kearsipan Tata Usaha SMP Negeri se-Kecamatan Sleman. Jurnal Hanata Widya, 2(2). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suyoso, Y.A., Astuti, E.A., & Yuniarto, S.R. (2016). Analisis Penggunaan Google dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja. Jurnal Administrasi Bisnis, 39(2). Surabaya: Universitas Brawijaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i1.7666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.