KETRAMPILAN PENGGUNAAN ADOBE LIGHTROOM DAN WORDPRESS UNTUK MEMPERKENALKAN BUDAYA SUMATERA BARAT

Ika Mei Lina(1*), Gilang Ryan Fernandes(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Sanggar giriang-giriang perak merupakan suatu wadah atau perkumpulan untuk mempelajari seni tari dan seni musik yang ada pada Sumatra Barat. Berdasarkan dengan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat, diketahui bahwa selama ini pengurus dan anggota sanggar giriang – giriang perak masih kesulitan dalam melakukan editing foto guna menghasilkan foto-foto yang menarik serta kesulitan dalam pembuatan website sebagai media penyebaran informasi kebudayaan Sumatra Barat. Sehingga tim pengabdian kepada masyarakat merasa perlu untuk melakukan sebuah kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan membantu memudahkan para pengurus dengan menggunakan aplikasi Adobe Lightroom dan Wordpress. Dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat membantu pengurus dan anggota sanggar giriang – giriang perak pada khususnya dalam mengatasi permasalahan yang ada serta dapat memperluas wawasan teknologi informasi kepada masyarakat pada umumnya.Sanggar giriang-giriang perak merupakan suatu wadah atau perkumpulan untuk mempelajari seni tari dan seni musik yang ada pada Sumatra Barat. Berdasarkan dengan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat, diketahui bahwa selama ini pengurus dan anggota sanggar giriang – giriang perak masih kesulitan dalam melakukan editing foto guna menghasilkan foto-foto yang menarik serta kesulitan dalam pembuatan website sebagai media penyebaran informasi kebudayaan Sumatra Barat. Sehingga tim pengabdian kepada masyarakat merasa perlu untuk melakukan sebuah kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan membantu memudahkan para pengurus dengan menggunakan aplikasi Adobe Lightroom dan Wordpress. Dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat membantu pengurus dan anggota sanggar giriang – giriang perak pada khususnya dalam mengatasi permasalahan yang ada serta dapat memperluas wawasan teknologi informasi kepada masyarakat pada umumnya.

Keywords


Adobe Lightroom, Wordpress, Website, Editing Foto, Sanggar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Infotografi. (2017). Tutorial Mudah Adobe Lightroom. https://infotografi.com/tutorial-mudah-adobe-lightroom/

Kurnia, N., Koryati, D., & Ar, R. (2015). Pengaruh Media Wordpress Blog Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 6 Palembang. Jurnal Profit, 2(1), 46–52.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i4.7447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.