MENGOLAH KAIN FLANEL MENJADI BARANG BERNILAI EKONOMIS

Ani Interdiana Candra Sari(1*), Elin Karlina(2), Fadli Rasam(3)

(1) (Sinta Id: 6178910) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat adalah agar peserta memiliki keterampilan dalam mengolah kain flanel menjadi barang bernilai ekonomis dan mampu memasarkan secara online, khususnya mengolah kain flanel menjadi bunga, bros, atau kerajinan tangan lainnya dan memiliki jiwa kewirausahaan. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan pelatihan. Berdasarkan pelatihan yang telah dilaksanakan diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Peserta mampu mengolah kain flanel menjadi bunga, bros, dan kerajinan tangan lainnya dengan berbagai kreasi. 2) Peserta mampu membuat kemasan yang menarik dalam pemasaran. 3) Peserta mampu memasarkan kerajinan tangan dari kain flanel melalui media sosial. 4) Peserta mampu memotivasi diri dalam pembuatan kerajinan tangan dari kain flanel. 5) Peserta didik menunjukkan minat untuk berwirausaha.

 

 


Keywords


Kain Flanel, Pemasaran Online, Kreatif, Kewirausahaan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Hindasah, Lela. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan Usaha Kerajinan Ibu-Ibu PKK Dukuh Pranti Gadingharjo. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

http://www.bimbingan.org/pengertian-kain-flanel.htm. Di akses tanggal 22 Agustus 2019, pukul 10.50.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i3.7431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.